Di Kota Kupang Sholat Idhul Adha 20 Juli 2021 Ditiadakan

  • Bagikan
kota kupang
Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man

♦ 10.500 Dosis Vaksin Segera dilaksanakan serentak

 

EXPONTT.COM – Sholat Idul Adha yang dilaksanakan Selasa 20 Juli 2021, ditiadakan. Ini penegasan Wakil Walikota Kupang dr. Hermanus Man dalam jumpa pers Jumat 9 Juli 2021. ”Ini peringatan sekaligus penegasan dari pusat dan Menteri Agama RI. Jadi, sekali lagi kami tegaskan bahwa tidak ada sholat Idul Adha. Hal dengan malam takbiran juga dilarang dan akan ada kawal ketat aparat keamanan dari Polres Kupang Kota. Karena Kupang daerah merah. Kalaupun ada takbiran hanya batas jam 20.00 malam. Dan, pemotongan hewan hanya simbolis karena hewan korban berupa sapi sebanyak 20 ekor bantuan Pemkot hanya simbol menyerahkan tali saja. Karena sedang dalam suasana Covid-19 yang kian mengganas, maka acara pemotongan hewan korban diperpanjang sampai 4 hari. Ini sesuai prokes,” jelas Hermanus Man.
Kapolsres Kupang Kota Satrya menegaskan,” Untuk pengamanan dijamin aparat kepolisian dan TNI setiap hari, menjelang idul adha maupun pada hari puncak.”
Sementara dibagian kedua, setelah Wakil Walikota rapat dengan Forum KUB, dijelaskan bahwa dalam rangka mempercepat vaksinasi seluruh warga Kota Kupang, sudah tersedia 10.500 vaksin dan akan dislaurkan kepada semua rumah sakit dan puskesmas dalam kota Kupang. Sehingga, kata dr.Hermanus Man, pada akhir Agustus 2021 paling lambat seluruh warga Kota Kupang sudah divaksin Covid-19. Dan jika sudah aman, tegas dr.Herman, pada Desember 2021 seperti arahan gubernur, maka masyarakat tidak perlu lagi menggunakan masker.

Sholat Idul Adha (20 Juli 2021)

Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar
Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar
Allaahu akbar walillaahil hamd
Wapena, bekerja sama dan dengan dukungan serta fasilitas dari KBRI, akan menyelenggarakan sholat Idul Adha, yang insya Allah berlangsung pada:
Hari/Tanggal: Selasa, 20 Juli 2021
Waktu:
Kloter 1: pukul 07.30 CEST
Kloter 2: pukul 09.00 CEST
Tempat:
Halaman belakang KBRI/PTRI
Gustav-Tschermak-Gasse 5-7, Wina 1180
Imam/Khatib:
Ustadz H. Sugeng Haryanto (kloter 1)
Ustadz Wisnu Arfian (kloter 2)
Pelaksanaan sholat mengikuti ketentuan berikut ini:
1) Jumlah total jamaah setiap kloter maksimum 100 orang;
2) Menjaga jarak satu meter;
3) Mengenakan masker;
4) Membawa sajadah sendiri dan sudah berwudhu dari rumah masing2;
5) Jamaah berusia enam tahun ke atas wajib membawa dan menunjukkan dokumen sebagai bukti telah memenuhi salah satu dari persyaratan 3G (“geimpft, getestet, genesen”), yaitu:
a) sudah divaksinasi:
* sekurang-kurangnya sudah memasuki hari ke-22 sejak vaksinasi (untuk semua jenis vaksin);
* untuk vaksin selain J&J, dan yang bersangkutan belum menerima dosis kedua, maka masa berlakunya tidak boleh lebih dari tiga bulan terhitung sejak vaksinasi dosis pertama.
b) hasil negatif tes PCR, tidak lebih dari 72 jam sejak tes dilakukan;
c) sudah pernah terkena Covid-19.
6) Tidak ada acara ramah-tamah seusai sholat. KBRI akan menyediakan kotak makanan ringan di dekat pintu gerbang, untuk dibawa oleh para jamaah saat meninggalkan KBRI.
7) Jamaah diminta dengan hormat untuk tidak berkumpul/berkerumun saat baru tiba di KBRI, saat menjelang dan setelah sholat, maupun saat menjelang pulang/meninggalkan KBRI.
Untuk memastikan jumlah total masing2 kloter tidak melewati batas maksimum 100 orang, maka setiap peserta (termasuk anggota keluarga yang akan mengikuti sholat) wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi lengkap formulir secara online melalui tautan/link berikut ini:
https://s.id/SholatIed
Setelah selesai melengkapi formulir, pendaftar akan menerima konfirmasi di ujung proses (juga dikirim ke alamat email pendaftar) berupa kode QR dalam format PDF. Harap mendownload bukti/konfirmasi pendaftaran ini (bisa disimpan di HP), untuk dibawa dan ditunjukkan bersama bukti 3G ke panitia sholat di pintu gerbang KBRI/PTRI Wina.
Semoga Allah meridhoi dan membimbing kita semua, serta memberikan kesehatan dan keluangan waktu untuk bersama-sama menunaikan sholat Idul Adha sesuai dengan informasi dan ketentuan ini. ♦ red

  • Bagikan