Dua Smart Branch Bank NTT KCU Kupang Segera Beroperasi

bank ntt
Smart Branch Bank NTT KCU Kupang / Foto: Istimewa

EXPONTT.COM – Dua Smart Bank NTT segera beroperasi di Kantor Cabang Utama (KCU) Jalan Cak Doko Kupang. Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho kepada expontt.com mengharapkan,” Pelayan digital ini, para pengguna jasa layanan Bank NTT menjadi lebih cerdas dan bijak memanfaakan layanan bank yang sehat, mudah, cepat, aman dan murah.”

Program ini tentu saja, setelah sukses menciptakan pola pelayanan yang hybrid atau perpaduan antara layanan secara digital dan konvensional pada Kantor Cabang Khusus (KCK), kali ini Bank NTT segera mengoperasikan Smart Branch di Kantor Cabang Utama (KCU) Kupang.

Direktur Umum Bank NTT, Yohanis Landu Praing dan Kepala Divisi Umum, Rahmat Saleh Bobby, Kepala Divisi IT Support dan Kepala KCU Kupang, Boy Nunuhitu saat melakukan pemantauan dan persiapan operasional Smart Branch KCU Kupang

KCU Bank NTT Kupang dilengkapi dengan dua unit CRM (cash recycle mesin) untuk layanan setor dan tarik tunai. Tidak hanya itu, ada dua mesin KIOSK untuk inisiasi kredit secara mandiri, yakni setiap nasabah yang mau mengajukan kredit untuk nilai-nilai tertentu, dipersilahkan untuk menggunakan layanan digital.

“Pengajuan kredit secara mandiri akan di-screening oleh sistem, sehingga dalam waktu tidak terlalu lama sudah keluar notifikasi jawaban apakah dinyatakan layak ajukan pinjaman atau tidak. Dan itu semua dilakukan secara otomatis. System akan mengecek apakah si pengaju kredit memiliki kredit di bank lain atau tidak, dan nominalnya berapa. Lagipula, jika bisa mendapatkan kredit, layaknya berapa sesuai dengan kondisi gaji yang dilaporkan,”jelas Kadiv IT Bisnis, Salmun Randa Terru seperti dilansir dari Mediator Star, Jumat 20 Agustus 2021.

Sementara Kepala Bank NTT KCU Kupang, Boy R. Nunuhitu menjelaskan, ada dua mesin pembukaan rekening (STS), dan setiap masyarakat yang mau menjadi nasabah Bank NTT, cukup scan KTP, lalu akan keluar identitas lengkap, dan kemudian sudah bisa mendapatkan buku tabungan. Di KCU akan disiapkan dua teller konvensional dan 2 tenaga yang ditempatkan untuk melayani pada posisi smart teller.

Di sisi lain, Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan, KCU merupakan kantor kedua yang akan menerapkan pelayanan serba digital.

“Semoga dengan layanan digital ini, para pengguna jasa bank menjadi lebih cerdas dan bijak, dalam memanfaatkan layanan perbankan,” kata Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho kepada Koranntt.com, Kamis 19 Agustus 2021.

Dalam sistem pelayanan yang serba digital, nasabah akan semakin mudah, cepat, aman, dan murah dalam mengakses layanan perbankan, karena dilengkapi dengan sistem IT yang cukup canggih.

Rencananya dalam pekan depan, Bank NTT akan meresmikan Smart Branch KCU Kupang dan langsung beroperasi melayani nasabah.

Ke depan, pola pelayanan digital akan diterapkan secara bertahap di seluruh Kantor Cabang Bank NTT yang ada di setiap Kabupaten di Nusa Tenggara Timur. ♦ wjr