Gubernur NTT Resmikan Gedung ICU di RSJ Naimata

EXPONTT.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat Rabu 18 Agustus 2021 meresmikan Gedung ICU Covid 19 di Rumah Sakit Jiwa Naimata Kupang. Gubernur menyampaikan pentingnya pelayanan kesehatan melalui peningkatan sarana medis serta dukungan SDM yang handal.

“Kita tentunya berbahagia karena dalam kondisi sulit di masa pandemi 19 ini kita masih bisa menghadirkan sebuah Fasilitas Gedung Intensive Care Unit atau ICU Covid 19 sebagai fasilitas pelayanan kesehatan untuk melayani masyarakat NTT.Kesehatan merupakan bidang yang sangat vital dan penting sekali. Semuanya ini harus juga didukung oleh sarana penunjang lainnya serta kita harus punya SDM yang memadai dan memiliki kualitas serta profesional. Ini adalah bagian dari tugas yang mulia.Kita harus baik dalam perencanaan dengan peningkatan profesionalitas SDM. Rencana harus matang dan dalam tugas pelayanan kita jangan tunggu ada uang dulu baru kita mau kerja,” tegas Gubernur VBL.

Seperti dirilis Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT,dalam acara tersebut Gubernur meminta agar kualitas pelayanan harus juga sesuai standar. Gedung ICU bagus juga perlu pelayanan dengan standar yang baik. Tenaga medis harus punya sikap kepedulian yang tinggi baik dokter dan juga perawat yang ramah bagi pasien.

“Mantan Gubernur dr. Ben Mboi pernah bilang ke saya bahwa perawat dan dokter yang menerima dan melayani pasien dengan memberikan sikap yang ramah dan murah senyum saja itu sudah sangat membantu pemulihan kesehatan bagi orang sakit. Ini yang kita mau, bukan hanya saja kerja karena profesi melainkan memaknai pekerjaan kita sebagai pelayanan pada Tuhan,” kenang Gubernur NTT ini.

Gubernur juga meminta agar di Rumah Sakit Jiwa Naimata tersebut didesain dan ditata dengan baik lingkungan sekitarnya agar dapat dilihat dengan indah dan menawan diantaranya membuatnya lebih hijau dengan menanam beraneka ragam tanaman serta pohon dan juga ada hiasan air mancurnya.

“Desain rumah sakit dengan baik ada air mancur, tanaman beraneka ragam, pohon- pohon itu juga memberikan dampak positif pada psikis seorang pasien. Membuat pasien senang dan membantu proses kesembuhan. Sekali lagi saya mau kita ubah perspektif kita bahwa rumah sakit ini adalah tempat pemulihan kesehatan bukan sebagai tempat-tempat orang sakit,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan NTT dr. Meserasi Ataupah mengucapkan apresiasi pada Pemerintah Provinsi NTT yang sudah mengadakan pembangunan gedung ICU Covid 19 tersebut. ♦ wjr