Servas Lawang, ”Acara di Semau Tidak Melanggar Prokes”

♦ Ada nada pujian dan tidak memuji kinerja gubernur

EXPONTT.COM – Servas Lawang pengusaha dan politisi serta mantan anggota DPRD NTT berpendapat, ”Sekali lagi tentang Semau. Saya harus meluangkan waktu untuk mencermati baik kritik nitizen maupun narasi salah seorang nitizen yang tidak tampilkan batang hidungnya saat menyampaikan narasinya lewat video dan mengundang kritikan pro dan kontra.

Menurut saya sangat tidak produktif mengkritik sebuah acara yang kemudian diistilahkan oleh masyarakat sebagai pesta. Ini keliru. Acara yang diselenggarakan adalah daerah yang berkaitan dengan kemajuan daerah ini. Kita orang NTT miskin karena lebih banyak bicara daripada kerja. Saya tegaskan, orang bodoh dan malas pasti miskin.

Penggalan pidato Gubernur NTT di Pulau Semau, sempat dipersoalkan bahkan ada pihak yang menyurati Menteri Agama. Pernyataannya begini: Tuhan yang kita sembah saja, Dia tidak bisa bekerja sendiri. Tuhan perlu bekerja dengan berbagai pihak. Apalagi manusia. Dia tidak bisa bekerja sendiri, membutuhkan tim kerja (bukan manusia). Konteksnya benar, soal koordinasi yang harus dilakukan oleh para bupati. Apa yang disampaikan Gubernur itu benar, dalam kapasitasnya sebagai orang kristen. Orang kristen itu, percaya dengan ajaran Trinitas, jadi Tuhan itu tidak sendiri, adalah Tiritunggal dengan tugasnya masing masing.

Ada juga makluk surga lainnya, seperti para malaikat, juga dengan tugasnya masing masing. Tugas dan karya dimaksud berorientasi pada perlindungan dan penyelamatan manusia, seperti Malaikat pelindung. Ada juga para kudus, para santo dan santa yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing. Apa yang salah dari pernyataan pak Viktor di Semau? Tidak ada yang salah kataku.”

Wakil Gubernur NTT Drs. Joseph Nae Soi dalam pernyataan kepada media cetak, online dan televisi bahwa acara di Pulau Semau tidak melanggar Prokes, semua pejabat maupun undangan semua memakai masker, jaga jarak dan tersedia air oleh pantia untuk mencuci tangan. “Jadi tidak ada yang melanggar. Ada yang bilang saya tidak pakai masker itu keliru karena saat saya makan jelas masker dilepas. Tim Satgas pun sudah periksa semua yang hadir di Pulau Semau dan hasilnya negative,” jelas Wagub Josep Nae Soi menjawab expontt.com.