Pastor SVD Asal Nagekeo Diserang Kelompok Bersenjata di Madagaskar

  • Bagikan

EXPONTT.COM – Pater Alex Dhae dan Pater Borise dari tarekat Serikat Sabda Allah (SVD) diserang oleh kelompok bersenjata atau para bandit di Madagaskar. Kedua imam mengalami luka serius dan kini sedang dalam proses perawatan.

Penyerangan terhadap dua pastor tersebut terjadi akhir pekan lalu, Minggu 12 September 2021. Para bandit melukai kedua pastor yang tidak melakukan perlawanan apapun.

Pater Alex Dhae, SVD adalah imam asal Sawu di Kecamatan Mauponggo, Nagekeo, NTT. Sedangkan Pater Borise merupakan konfrater atau rekanan Pater Alex di tempat tugasnya.

Dalam sebuah keterangan yang dipublikasikan Komsos Paroki John Baptista Wolosambi, Keuskupan Agung Ende, Pater Alex menceritakan bahwa aksi penyerangan mula-mula terjadi pada Minggu malam.

Pater Alex Dhae, SVD menjadi korban penganiayaan kelompok bersenjata di Madagaskar. Foto: Istimewa.

Dia menyebut ada dua orang bandit yang mencoba masuk ke tempat mereka bertugas dengan membawa parang.

Kedua bandit pertama-tama menyerang Pater Borise, seorang imam muda di kamarnya yang kemudian melakukan penyerangan terhadapnya di kantor dan kamar.

Baca juga: Perbaiki Dinamo, Warga Kupang Tewas Tersengat Aliran Listrik

Pater Borise mengalami luka pada bagian kepala, tangan kiri dan kanan. Tidak hanya melukai, para bandit mengikat Pater Borise kemudian mengambil HP dan uangnya.

Kemudian, mereka juga menyerang Pater Alex di kantor dan kamarnya. Dia mengalami luka pada bagian kepala, tangan kanan dengan semua jari terpotong, kecuali jari telunjuk dan kaki kanan.

Setelah menganiaya Pater Alex, kedua bandit mengambil HP Samsung milik korban, dan juga sejumlah uang dibawa serta. Kemudian, kedua bandit pun pergi dan meninggalkan kedua pastor di kantor biara tersebut.

Pater Alex yang masih bergerak dengan kondisi tak berdaya, berusaha menyetir mobil mencari bantuan ke Keuskupan setempat agar membantu keduanya menjalani perawatan.

Baca juga:  Menginap di Rumah Kerabat, WNA Australia di Rote Ndao Kehilangan Uang Rp.90 juta dalam Brangkas

“Setelah situasi agak aman, saya keluarkan mobil dari garasi, saya setir dengan tangan kiri menuju Istana Uskup untuk minta bantuan seorang teman misionaris untuk bawa kami ke Poliklinik untuk perawatan,” tulis Pater Alex kepada seorang kolega di Ledalero Maumere, Senin 13 September 2021.

Pater Alex mengatakan bahwa keduanya saat ini tengah menjalani perawatan dengan perasaan traumatis akibat penganiayaan.

“Saya tidak bisa kontak keluarga karena tidak punya HP. Tolong teruskan berita sedih ini keluarga dan Soverdia Nagekeo untuk mendoakan kami agar kami cepat pulih,” ungkap Pater Alex menutup pernyataannya.

Baca juga: SD-SMP Di Kota Kupang Segera Sekolah Tatap Muka Terbatas

Dubes RI Akan Kirim Bantuan untuk Pastor Alex Dhae SVD, Misionaris Indonesia yang Jadi Korban Perampokan

Duta Besar Republik Indonesia untuk Madagaskar, Benny Y.P Siahaan (sumber: Istimewa)

Musibah perampokan yang menimpa Pastor Alex Dhae misionaris asal, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu, 12 September 2021 mendapat perhatian dari Kedutaan Besar Republik (KBRI) untuk Madagaskar, di Antananarivo.

  • Bagikan