Dilepas Gubenur, Wagub NTT Pimpin Rombongan Atlet PON XX Ke Papua

  • Bagikan

EXPONTT.COM – Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat Jumat 17 September 2021, bertempat di Aula El Tari melepas keberangkatan 89 Atlet dari berbagai cabang olah raga yang akan bertarung di Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Papua 2-15 Oktober 2021. Wakil Gubernur NTT Joseph Nae Soi akan memimpin ke Papua Nanti. Selain atlet para atlet masing-masing didamping sesuai keahlian bidang olah raga.

Memberi sambutan Gubernur Viktor berharap semua atlet berprestasi dan mendulang emas. Seperti diwartakan mediaindonesia.com kontingan NTT memasang target 10 emas. Hal ini juga menjadi harapan pimpinan rombongan Joseph Nae Soi. NTT akan mengandalkan cabang olahraga kempo untuk memenuhi target. Ketua Umum KONI NTT Andre Koreh mengatakan terget 10 emas itu lebih tinggi dari hasil PON XIX 2016 yakni tujuh emas. “Sepuluh emas tersbeut diharapkan datang dari dari kempo enam emas, dua  dari tinju dan satu dari pencak silat. Satu emas lain diharapkan datang dari cabang lain,” katanya di Kupang, Jumat 10 September 2021.

Pada PON Jawa Barat, NTT berada di urutan 18 dari 34 provinsi dengan meraih 13 medali terdiri dari 7 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. “Di PON Papua, kita tidak targetkan pada posisi berapa, asalkan bisa meraih 10 emas,” jelasnya. Untuk cabang olahraga Kempo yang menjadi salah satu cabang andalan NTT, mengirim 23 atlet ke Papua. Mereka akan berlomba di 11 nomor pertandingan terdiri dari empat nomor randori, dan tujuh nomor embu beregu campuran dan embu pasangan putri dan putra. Pelatih kempo NTT Alfons Theodorus mengatakan target enam emas tersebut  sama seperti hasil pra PON. “Di pra PON kita meraih enam emas,” ujarnya. Menurutnya, sejumlah atlet yang pernah meraih juara dunia kempo juga  turun di PON Papua yang diharapkan menyumbang emas bagi kontingen NTT. ♦ wjr

  • Bagikan