BPOM Terbitkan Izin, Siswa SD Usia 6-11 Tahun Bisa Dapat Vaksin Sinovac

  • Bagikan
sinovac
Siswa SD usia 6-11 bisa dapatkan vaksin Sinovac

EXPONTT.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun. Artinya, kini siswa Sekolah Dasar (SD) sudah bisa untuk melakukan vaksinasi jenis Sinovac Corona Vac.

Pengumuman pengeluaran izin ini disampaikan langsung oleh Kepala BPOM, Penny Lukito pada Senin, 1 November 2021.

“Alhamdulillah pada hari ini kami dapat menyampaikan pengumuman untuk untuk telah diterbitkannya izin penggunaan vaksin COVID-19 dari vaksin Sinovac Coronavac dan vaksin COVID dari Bio Farma untuk anak usia 6-11 tahun,” kata Kepala BPOM melalui konferensi pers yang disiarkan melalui Youtube resmi Badan POM RI.

Menyusul Izin Vaksin Usia 12-17 Tahun

Perizinan vaksin anak usia 6-11 tahun merupakan susulan dari izin sebelumnya untuk usia 12-17 tahun. Jadi untuk saat ini vaksinasi bisa dilakukan tak hanya untuk sekolah menengah saja tapi juga sekolah dasar.

Baca juga:Dana Bantuan Seroja Belum Tersalurkan, Ketua DPRD NTT Sebut Alasan Data Tak Masuk Akal

Penny mengatakan bahwa vaksinasi untuk 6-11 tahun adalah hal penting yang harus dilakukan. Terlebih pembelajaran tatap muka sudah dimulai.

“Saya kira ini suatu berita yang menggembirakan karena kami yakin sekali bahwa vaksinasi anak sangat menjadi suatu yang urgent sekarang. Apalagi kegiatan pembelajaran-pengajaran sudah dimulai,” jelasnya.

Hasil Studi Klinik

Berdasarkan studi klinik Fase I dan Fase II vaksin Sinovac dapat menginduksi pembentukan antibodi netralisasi.
Kemudian pada pengamatan 28 hari setelah vaksinasi dosis kedua, antibodi penetralisir mendekati 100 persen. Artinya untuk aspek keamanan vaksin ini aman untuk anak usia 6-17 tahun.

Baca juga:Pemkot Kupang Terima Piagam Penghargaan Wtp 2 Tahun Berturut-Turut

“Ini adalah vaksin pertama yang bisa diberikan pada anak usia 11-17 tahun. Mudah-mudahan ada beberapa vaksin yang terdaftar di BPOM untuk vaksin Covid-19 anak,” jelasnya.

Selain faktor imunitas, Penny berharap dengan bertambahnya rentang usia anak yang bisa divaksin, bisa menambah kepercayaan orang tua untuk mengirimkan anaknya ke sekolah.

Jadwal vaksinasi

Sementara itu, dikutip dari detikHealth, Kementerian Kesehatan RI mengungkap perkiraan jadwal vaksinasi COVID-19 anak di bawah 12 tahun.

Baca juga:Kekeringan Panjang, 5 Daerah di NTT Terancam Krisis Air Bersih

Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, perkiraan vaksinasi anak di kelompok usia tersebut baru bisa dilakukan selambatnya pertengahan tahun depan.

Hal ini dikarenakan pertimbangan berbagai aspek, termasuk ketersediaan stok vaksin COVID-19. Tidak hanya soal stok vaksin, sejumlah nakes juga perlu dipersiapkan dalam proses vaksinasi anak di bawah 12 tahun. ♦ detik.com

  • Bagikan