Manfaat Memiliki dan Merawat Tanaman Hias di Rumah

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-pabrik-keju-swiss-2736497/

EXPONTT.COM – Sejak masa pandemi, banyak orang mengubah kebiasaannya selama beraktivitas di rumah. Banyaknya waktu di rumah membuat banyak orang juga mulai menekuni hobi tertentu. Salah satunya adalah hobi berkebun atau bertanam. Ternyata ada banyak manfaat hobi bertanam yang bisa dirasakan meskipun masih sebatas pemula.

 

Inilah Manfaatnya Punya Hobi Bertanam

Setiap jenis hobi pasti dilakukan karena memang ada rasa suka. Rasa suka tersebut kemudian bertumbuh semakin besar karena ada banyak manfaat yang muncul. Hobi bertanam itu sendiri ternyata juga bisa mendatangkan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah menekuni hobi bertanam:

  1. Mencegah Stres

Hobi bertanam ini dapat membantu mencegah terjadinya stres. Seperti kita tahu bahwa selama pandemi menyerang, banyak sekali orang yang rentan mengalami peningkatan stres. Rutinitas sehari-hari yang padat, beban kerja yang tidak ada habisnya, dan berbagai faktor pemicu lain yang mungkin membuat pikiran jadi penat. Tentu Anda membutuhkan solusi tepat agar bisa terhindar dari stres.

Bertanam dapat menjadi sebuah jalan keluar agar Anda tidak mengalami stres. Dengan bertanam, Anda bisa merasakan relaksasi yang secara otomatis membuat diri Anda merasa bahagia. Selain itu, melihat hasil tanaman Anda tertata rapi dan indah juga akan membantu melepaskan rasa penat sehingga stres tak akan menyerang.

  1. Meningkatkan Imunitas

Hobi bertanam di rumah sendiri juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Biasanya kegiatan bertanam atau berkebun ini akan dilakukan di area luar rumah. Artinya Anda akan terpapar sinar matahari yang baik untuk kesehatan tubuh. Cobalah untuk bertanam di waktu yang tepat ketika sinar matahari bisa memberi manfaat bagi tubuh.

Selain itu, bertanam atau berkebun juga akan membuat diri Anda merasa senang. Rasa senang inilah yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Jika memang Anda punya rasa cinta pada tanaman dan menyukai kegiatan berkebun, maka aktivitas ini sudah pasti akan membuat tubuh Anda jadi lebih kuat dan sehat.

  1. Sarana Berolahraga

Manfaat hobi bertanam berikutnya adalah Anda akan mendapatkan sarana berolahraga secara gratis. Saat berkebun, tubuh Anda secara otomatis akan bergerak. Berkebun ini merupakan jenis aktivitas fisik yang tergolong menyenangkan namun tetap bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari aktivitas mengisi pot dengan tanah, memindahkan pot, memberikan pupuk, menyiram tanaman, dan lain sebagainya.

Semua jenis aktivitas saat berkebun akan membuat tubuh Anda bergerak dan pasti berkeringat. Ini akan menjadi sebuah cara yang sangat efektif untuk berolahraga. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak begitu suka olahraga, coba saja tekuni hobi ini karena aktivitas ini juga akan membuat otot-otot Anda bekerja.

  1. Meningkatkan Kualitas Hidup

Hobi berkebun juga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup Anda. Berkebun akan membuat diri anda bahagia secara mental lalu sehat secara fisik. Hal ini jelas akan membuat kualitas hidup jadi lebih meningkat. Menariknya lagi Anda juga akan mendapatkan hasil nyata dari aktivitas berkebun ini yaitu jajaran tanaman yang indah di lingkungan rumah Anda.

Bagi sebagian orang, kualitas hidup yang baik memang bisa dijangkau lewat cara sederhana seperti berkebun. Dengan merawat tanaman, Anda sama saja menjalani terapi yang menyenangkan. Anda juga bisa memandangi tanaman yang indah seperti aglonema, monstera, kaktus, maupun koleksi tanaman Anda lainnya di lingkungan rumah.

  1. Menghasilkan Bahan Makanan Sehat

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa ditanam jika memang Anda hobi bertanam. Salah satu manfaat hobi menanam yang bisa Anda dapatkan adalah memperoleh sumber bahan makanan sehat secara gratis. Hal ini bisa Anda rasakan jika Anda menanam jenis tanaman sayur dan buah. Contohnya seperti kangkung, sawi, cabai, tomat, mangga, dan lain sebagainya.

Zaman sekarang ini pola makan sehat sangat penting untuk diterapkan. Anda bisa mengonsumsi makanan plant-based yang bahan-bahannya diperoleh dari hasil kebun sendiri. Tentunya bahan makanan ini akan jauh lebih sehat dan enak untuk dikonsumsi. Dengan begitu Anda juga jadi bisa lebih hemat belanja bahan makanan karena bisa langsung petik di rumah.

  1. Bisa Jadi Ladang Bisnis

Kebiasaan atau hobi bertanam yang Anda tekuni ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis. Ada banyak sekali peminat tanaman hias di luar sana yang siap membeli tanaman Anda. Jenis tanaman yang bisa dibudidayakan untuk dijual kembali juga sangat beragam dan nilai jual tanaman hias saat ini juga begitu meyakinkan.

Peluang bisnis tanaman hias saat ini juga begitu besar apalagi didukung media digital yang sangat memadai. Tak hanya menjual produk tanamannya, Anda juga bisa menjual aneka jenis perlengkapan berkebun. Mulai dari pot, pupuk tanaman, alat penyiram, dan lain sebagainya.

Mulai Bertanam dengan Beli Aglonema di Blibli

Ada begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menekuni hobi bertanam. Anda tak perlu menunggu lama lagi, segera mulai bertanam sekarang juga. Anda bisa membeli tanaman aglonema di Blibli sebagai permulaan perjalanan Anda untuk berkebun. Aglonema ini merupakan salah satu tipe tanaman yang cocok untuk dijadikan permulaan hobi bertanam.

Di Blibli Anda bisa mendapatkan tanaman aglonema dalam berbagai jenis ukuran. Blibli juga siap menawarkan aglonema dengan harga paling bersahabat. Sebagai e-commerce yang telah lama dipercaya masyarakat, Blibli siap memastikan Anda menerima tanaman aglonema dengan selamat.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan tanaman aglonema Anda dari Blibli. Rasakan sendiri manfaat hobi bertanam yang pastinya akan mengubah hidup Anda. Selain aglonema, rawatlah juga beragam jenis tanaman lain secara bertahap. ♦ red