Omicron Lebih Berbahaya dari Covid Delta? Ini Kata WHO

  • Bagikan

EXPONTT.COM – Covid-19 varian omicron yang berasal dari Afrika Selatan kini menjadi kekhawatiran dunia. Banyak negara memilih menutup pintu masuk demi menghindari menyebarnya varian tersebut.

Lantas bagaimana tingkat bahaya varian Omicron dibandingkan dengan varian virus corona lainnya?

Senior Advisor of the Director General WHO Bruce Aylwardm mengungkapkan hal pertama yang harus diingat adalah belum lama ini varian Delta telah menewaskaan 50.000 jiwa di dunia.

Artinya sampai saat ini, virus corona varian Delta masih sangat berbahaya dan telah menelan banyak korban.

“Orang terobsesi dengan omicron yang menjadi perhatian baru, tapi jangan lupakan varian Delta yang sangat membahayakan,” ujarnya melalui video conference, Jumat 10 Desember 2021.

“Masih terlalu dini menyebut varian Omicron berbahaya. Dampak varian Delta yang lebih penting untuk diingat,” ujar Aylwardm lagi.

Saat ini pun, WHO pun, kata Alywardm mengkonfirmasi masih belum ada laporan mengenai kematian akibat varian Omicron, dan saat ini lembaga tersebut masih melakukan kajian lebih lanjut untuk lebih memahami dampak dari varian ini.

Namun, ia tetap mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Peran pemerintah dalam melakukan protokol testing, tracing, dan treatment (3T) juga sangat dibutuhkan. Pun, vaksinasi masih menjadi game changer dalam mengentaskan pandemi ini.

“Semuanya ini ampuh dalam mengurangi penyebaran varian Delta. Untuk Omicron, ini masih sangat dini untuk membicarakan seberapa serius varian ini. Kami masih melakukan kajian,” tandasnya. ♦ cnbcindonesia.com

  • Bagikan