Ada Apa Wali Kota Kupang Bertamu Ayub Titu Eki di Hari Minggu

EXPONTT.COM – Minggu, 16 Januari 2022, diupload foto fenomenal politik di media sosial face book, pertemuan Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore yang akan berakhir masa jabatannya Agustus 2022 dengan mantan Bupati Kupang Ayub Titu Eki. Pertemuan di rumah Ayub Titu Eki yang luas dan mewah terkesan perbincangan antara Jefri Riwu Kore dan Ayub Titu Eki serius. Adakah hal yang sangat penting sehingga Bapak Walikota serius dan penting untuk bertemu mantan Bupati Kupang?
“Ya hanya silaturami biasa sesama sudara anak Tuhan, ada omong politik sedikit dan lebih banyak omong-omong soal religius. Saya dan Pak Jefri bersahabat lama dan saling sapa. Kita lebih banyak soal Tuhan dalam kehidupan ini, ya adalah,” jelas Ayub Titu Eki menjawab expontt.com yang diwarnai candatawa.
“Ya, kita baku omong hanya sekitar dua jam. Tidak ada makan siang. Hanya beliau sendiri. Nanti kita baru sambung lagi,” canda Ayub Titu Eki. Pertemuan yang penuh nuansa keakraban juga diupload di status FB milik pribadi Jefirston R. Riwu Kore dengan caption, ”Hari ini saya bersilaturahmi dengan senior mantan Bupati Kupang Bp Ayub Titu Eki.” Terlihat dari wajah keduanya penuh keceriaan. Pertemuan kedua tokoh NTT ini, dipuji banyak nitizen, dengan beragam nada. Didominasi nada salut, memuji dan ada pula komentar cocok jadi calon gubernur NTT 2024.
Pertemuan ini terkesan serius dan tidak melibatkan staf penting di Kantor Walikota Kupang. Ernes Ludji kepada expontt.com mengaku tidak mengetahui pertemuan ini. Terkesan ada yang penting tetapi dibalut sedemikian sehingga rapi. Ada instansi yang dilibatkan dalam pertemuan ini, tetapi tidak berkenan diekspos. Sebuah sumber yang layak dipercaya mengaku ada politisi dari Partai Demokrat yang ikut dalam pertemuan ini, tetapi cukup dibalik layar.
Kedua tokoh ini pernah bertemu pada 20 Oktober 2017. Saat itu, Ayub Titu Eki masih sebagai bupati dan Jefri Riwu Kore Walikota Kupang. Pertemuan dinas ini berbicara soal air, soal pemenuhan masalah air untuk warga Kota Kupang. Pertemuan 13 Oktober 2017 sangat serius yaitu masalah pelayanan air bersih di Kota Kupang diselesaikan dengan baik, walau sampai saat ini belum ada titik temu karena sebagian warga Kota Kupang khusus dikawasan atas Kolhua dan Maulafa masih dibawah PDAM Kabupaten Kupang.
Jauh sebelum menjadi Walikota Kupang, sekitar September 2016 Jefri Riwu Kore juga beertemu Aub Titu Eki membahas masalah air di Kota Kupang. Pertemuan dalam narasi kampanye ketika itu, diliput banyak awak media dan dipublish luas. Apakah masih ada pertemuan lanjutan pasca Jefri Riwu Kore habis masa jabatan pada Agustus 2022? Yang bisa menjawab pertanyaan ini, hanyala Sang Pencipta Alam Semesta ini. ♦ wjr