5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengembangkan Bisnis

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-orang-dekat-laptop-3184312/

EXPNTT.COM – Memiliki bisnis yang sukses tentu jadi sebuah kebanggan tersendiri bagi Anda. Rencana untuk mengembangkan usaha pun tentunya akan terpikirkan. Namun mengembangkan usaha tidak bisa juga dilakukan sembarangan.

Tidak sedikit hal yang harus diperhatikan untuk bisa mengembangkan usaha agar nantinya bisa maju lebih baik. Apa saja yang harus diperhatikan dengan benar? Simak dulu deretannya ini.

5 Hal Penting Perlu Diperhatikan sebelum Mengembangkan Usaha

Bisa menambah cabang untuk mengembangkan bisnis adalah tantangan yang tidak jauh berbeda ketika sedang merintis usaha. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Baik itu dari segi keuntungan, resiko dan juga tanggung jawab yang harus ditanggung. Anda yang akan mengembangkan usaha, bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1.     Pastikan Tujuan Pengembangan Jelas

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah tujuan Anda ingin mengembangkan usaha. Tanpa tujuan yang jelas maka sulit untuk Anda bisa mengelola usaha pertama dan yang baru.

Tujuan ini bisa berupa memenuhi permintaan pelanggan atau membuka pasar yang baru dengan menciptakan produk lainnya. Berdasarkan tujuan inilah Anda bisa menentukan strategi pemasaran usaha tersebut.

2.     Stabilnya Usaha Utama yang Dijalankan

Sebelum membuka cabang atau memperluas usaha, Anda harus memperhatikan apakah usaha utama telah berjalan baik. Bagaimana dengan pasar yang mengenali produk Anda apakah sudah meluas.

Tanpa usaha utama yang stabil akan cukup sulit bagi Anda mengelola lebih dari satu usaha dalam satu waktu. Fokus pun akan terpecah dan pemantauan pasti akan berjalan dengan buruk.

Jadi lebih baik cek terlebih dahulu keuangan dan bagaimana perputaran produk yang sudah berjalan di usaha pertama Anda.

3.     Perencanaan Keuangan

Penting juga soal mempersiapkan perencanaan keuangan dari usaha yang akan Anda buka lagi. Mulailah dengan membuat akumulasi pengeluaran besar dan kecil sampai dengan rancangan pendapatan.

Akumulasi yang tepat akan meringankan beban keuangan ketika usaha sedang berjalan. Anda tentunya sudah memiliki pengalaman dalam merancang keuangan di usaha pertama, jadi tinggal diterapkan kembali saja.

4.     Mengumpulkan SDM yang Terbaik

Tidak kalah penting yaitu sumber daya manusia yang tepat. Apalagi jika Anda berencana memperluas usaha di kota lain. Perlu ada SDM yang dapat dipercaya untuk mengelola usaha berkelanjutan.

Jauh-jauh hari sebelum usaha Anda dibuka, lakukan perekrutan demi mendapatkan orang yang tepat. Pilih orang berkompeten yang bisa diandalkan meskipun Anda tidak mengawasi usaha secara intens.

5.     Mempersiapkan Modal yang Cukup

Membicarakan soal keuangan, modal untuk mengembangkan usaha juga penting. Sumber modal bisa bervariasi seperti pengumpulan keuntungan yang sudah Anda dapatkan dari usaha pertama.

Bisa juga dengan mengandalkan aplikasi pinjol terbaik yang kini bisa Anda akses dengan sangat mudah. Mengapa memanfaatkan pinjaman online? Tujuannya adalah untuk memacu Anda mengembangkan usaha dengan lebih baik lagi.

Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi pinjol yang menawarkan tenor panjang dengan jumlah pinjaman tinggi. Contohnya saja aplikasi Tunaiku yang sekarang juga sudah digunakan oleh banyak pengusaha Indonesia.

Demi mendapatkan pinjaman sampai dengan limit 20 juta Anda bisa menggunakan Tunaiku. Prosesnya sendiri sangat mudah, tinggal mendaftar dengan e-KTP dan mengisi formulir pengajuan pinjaman.

Pihak Tunaiku akan langsung mengecek dan memproses apabila Anda memenuhi semua persyaratannya. Tidak butuh waktu berbulan-bulan untuk mendapatkannya, Anda tinggal menunggu dana ditransfer ke rekening.

Tunaiku merupakan aplikasi aman yang merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. Soal keamanannya pun tentu sudah terjamin jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk meminjam.

Soal pengembangan usaha harus dipersiapkan dengan matang. Jangan sampai di tengah-tengah pengembangan, usaha berhenti karena Anda kekurangan modal. (*)