DPRD NTT Serahkan Dua Rancangan Perda Kepada Pemda NTT

EXPONTT.COM – DPRD NTT dalam sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Inchje D. Sayuna, 4 Maret 2022 di ruang sidang utama menyerahkan dua rancangan Peraturan Daerah atau PERDA kepada Pemda NTT. Penyerahan diterima Sekda NTT Ben Polong Mai didamping Ketua DPRD NTT Emi Nomleni dan Wakil Ketua III Aloysius Malo Lady. Dua rancangan PERDA yaitu Ranperda tentang Pengrusutamaan Gender Dalam Pelaksanaan Pembangunan Daerah dan rancangan PERDA Tentang Pemberdayaan Penyandang Disabilitas.

Wakil Ketua III Aloysius Malo Lady membacakan penjelasan tentang kedua Ranperda itu. Diuraikan, Ranperda tentang Gender diatur UUD RI 1945 Pasal 27 Ayat (1) yang menyebutkan bahwa segala warga Negara bersmaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintah itu dengan tidak ada keculiaanya.

Sementara Ranperda penyandang penyandang disabilitas sebagaimana diatur dalam Pembukaan UUD RI tahun 1945 alinea IV yaitu,” … melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial serta mewujudkan cita-cita bangsa.”

Sidang DPRD Tahun 2022 berlangsung selama sebulan sampai dengan penutupan tanggal 31 Maret 2022. Penyampaian Pendapat Gubernur NTT  terhadap dua Ranperda prakarsa DPRD ini akan digelas dalam paripurna Selasa 8 Maret 2022. ♦ wjr