Air dan Tanah dari 7 Kabupaten di NTT Akan Dibawa Gubernur ke IKN Nusantara

gubernur ntt
Air dan Tanah dari 7 Kabupaten di NTT Akan Dibawa Gubernur ke IKN Nusantara

EXPONTT.COM – Tujuh kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyerahkan air dan tanah kepada Gubernur NTT, Viktor Liaskodat pada 11 Maret 2022.

Penyerahan air dan tanah itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo kepada seluruh gubernur di Indonesia untuk membawa air dan tanah dari daerahnya masing-masing ke Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, Nusantara.

Tujuh kabupaten di NTT menyerahkan tanah dan air untuk dibawa ke IKN Nusantara, yakni: Belu, Sabu Raijua, Rote Ndao, Sumba Tengah, Flores Timur, Alor dan Kabupaten Lembata.

Baca juga: Jenazah Positif Covid-19 di Sumba Timur Dibawa Paksa Oleh Keluarga

Penyerahan digelar dengan prosesi adat. Air dan tanah dimasukan ke dalam guci kecil. Lima pemuka agama di NTT mendoakan acara tersebut.

Air dan tanah yang telah disimpan ke dalam guci berbeda kemudian dibawa Viktor dan Wakil Gubernur Josef Nae Soi bersama para bupati dan tokoh adat ke ruang kerja gubernur.

Viktor mengatakan, Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh gubernur di Indonesia untuk membawa air dan tanah, termasuk NTT.

Dia menegaskan, tanah diambil dari tiga pulau besar di NTT, seperti Timor, Sumba dan Flores. Sementara air diambil dari pulau kecil, yakni: Rote Ndao, Alor, Lembata dan Sabu Raijua.

Baca juga: Gubernur Viktor Laiskodat Dikabarkan akan Bawa Air dari 4 Kabupaten ke IKN Nusantara, Rote Salah Satunya?

“Ini sebagai satu kesatuan dan sebagai simbol bahwa air dan tanah dari Nusa Tenggara Timur itu dianggap cukup untuk satu kesatuan Flobamorata,” jelasnya.

Viktor mengungkapkan, dirinya akan membawa air dan tanah itu ke IKN Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin 14 Maret 2022 mendatang.

Semua akan disatukan dengan air dan tanah dari seluruh Indonesia.

“Kita senang IKN Nusantara di Kalimantan Timur, karena yang pertama tidak macet, kedua terjadinya perpindahan kekuasaan begitu besar dari Jakarta ke Pulau Kalimantan yang sangat strategis. Yang ketiga, tidak ada gempa dan sangat baik untuk pembenahan kota. Ini sebuah kebijakan hebat dan keberanian luar biasa dari Bapak Presiden Joko Widodo,” tutup Viktor.
merdeka.com

Baca juga: AHY Lantik Leo Lelo, Berikut Susunan Pengurus DPD Partai Demokrat NTT Periode 2021-2026