Domu Warandoy Calon Kuat Sekda NTT, Dari Jurnalis ke Birokrat

Domu Warandoy, Colon Sekretaris Daerah NTT

EXPONTT.COM – Domu Warandoy mantan wartawan Harian Pos Kupang era  1990-1996 yang kini Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur dicatat sebagai salah satu bakal calon kuat  Sekrtetaris Daerah atau Sekda NTT menggantikan Sekda saat ini Ben Polo Maing yang akan pensiun 1 Juni 2022 mendatang. Domu, kelahiran  12 Desember 1967 ini, kata Sekda NTT Ben Polo Maing tercatat sebagai salah satu calon kuat.

Domu, demikian disapa, sempat meniti karir sebagai  jurnalis, namun tahun 1996 beralih profesi  sebagai birokrat. Sejak  1 Maret 1996, diangkat sebagai calon PNS dengan golongan III/A. Karirnya mulus mulai dari staf sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemda Sumba Timur. Karena prestasi dan ketekunan, Domu dipercayakan  pimpinan camat Tabundung tahun 2000 sampai 2001.

Setelah menjabat sebagi camat, Domu dipercayakan sebagai Sekretaris Perwakilan SETUM KPU Kabupaten Sumba Timur, selanjutnya menjadi sekretaris definitif KPU Sumba Timur tahun 2003. Karena tekun, disiplin dan berprestasi memuaskan, dipercayakan sebagai  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kasbupaten Sumba Timur dengan eselon IIB ditahun 2013.

Masih ditahun yang sama, Domu kembali dipercayakan bupati sebagai Asisten Tata Praja dari 2013 sampai dengan 2016. Karena karirnya berprestasi, menyelesaikan tugas dengan baik, kembali dipercayakan sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Setda Sumba Timur dari 13 Agustus 2018 sampai dengan  12 April 2019 kemudian dilantik sebagai defitif Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur sampai saat ini.

Domu adalah birokrat sejati yang taat dan loyal kepada pimpinan. Selain semua jabatan strategis dipercayakan kepadanya, Domu juga pernah dipercayakan menjadi pelaksana tugas misalnya Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Plt. Bagian PDE, Plt. Bagian Humas, Plt. Kepala Satpol PP, Plt. Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Plt. Kadis P3AP2 dan KB, Plt. Sekda tahun 2018, Plt. Kepala Bapeda, Plt. Kepala Bappeda, Plt. Kadis Pemuda dan Olahraga sampai 2021.

Lulusan  Fakultas Hukum Undana Kupang 1991 ini menyelesaikan program Magister Studi Pembangunan di Universitas Kristen Saya Wacana Salatiga Juni 2008. Ia juga aktif mengikuti kegiatan berbagai kursus kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri, Diklat ADUM /PIM IV, Dilkat PIM III dari 1998 sampai  2008.” Dilkat PIM II tahun 2008 di Badan Diklat Surabaya, pernah juga PLH Bupati Sumba Timur dari 17 Februari sampai dengan 26 Februari 2021,” jelas Domu, pria yang punya karisma dalam melakoni kehidupan ini.

Domu adalah birokrat yang meniti karir dari bawah hingga saat ini, sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur. Selain berpengalaman sebagai birokrat murni yang syarat pengalaman dan loyal, Domu tipe pejabat yang kerja keras dan disenangi dan menyenangi oleh staf dan atasan. Hal ketika menjadi wartawan Harian Pos Kupang, Domu adalah tipe kerja keras dan beridelias. Berita yang ditulis akurat dan berimbang. Semua tugas sebagai wartawan dijalani dengan hati dan sukacita.

Ketika namanya masuk dalam bursa Sekda NTT Domu hanya berujar, ”Saya pasrahkan pada yang kuasa. Jika Tuhan memperkenankan saya sebagai Sekda NTT, siap menjalankan tugas yang dipercayakan pimpinan dengan baik. Saya siap ke Kupang mengabdi demi kepentingan dan pembangunan NTT tercita.” ♦ wjr