33 Gubernur Sudah Tiba di IKN Nusantara, Ini Komentar Viktor Laiskodat

VBL
Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat tiba di Kalimantan Timur, Minggu 13 Maret 2022

EXPONTT.COM – Sebanyak 33 gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia tampak sudah tiba di Balikpapan. Termasuk rombongan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kunjungan para gubernur se-Indonesia merupakan undangan khusus dari Presiden Joko Widodo terkait rapat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dilansir dari liputan6.com, melalui akun Instagram Pemprov Kaltim, sudah nampak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mereka hadir secara bergiliran dalam rentang waktu yang berbeda.

Baca juga: Diaspora Lembata Sedunia: Alex Beding Tokoh Pers dan Nelayan di Laut Lain

Pada unggahan instgram Pemprov Kaltim, berikut gubernur yang sudah tiba di IKN: Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Jawa Barat, Gubernur NTT dan NTB, Gubernur Sulawesi Selatan, Wakil Gubernur Goronalo, Gubernur Jambi.

Selanjutnya, ada Gubernur Bengkulu, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Riau, Gubernur Aceh, Gubernur Jawa Tengah, Wakil Gubernur Bangka Belitung dan Gubernur Papua Barat.

Berikutnya, ada Gubernur Sulawesi Barat, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sumatera Utara, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Banten, Gubernur Lampung dan Gubernur DKI Jakarta. Terakhir, adalah Gubernur Kepulauan Riau dan Gubernur Kalimantan Tengah.

Baca juga: Monumen Pancasila Diyakini Sebagai Tempat Astri dan Lael Dieksekusi

Komentar Gubernur NTT

Dikutip dari akun Instagram Pemprov Kaltim, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat mengatakan pemindahan ibu kota negara adalah sejarah baru bagi Indonesia.

“Lewat inspirasi Presiden Soekarno, Presiden Joko Widodo ingin memindahkan ibu kota negara. Ini sejarah bagi bangsa Indonesia,” kata Gubernur Viktor Laiskodat saat tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Minggu 13 Maret 2022.

Baca juga: Febri Leo Siswi Kelas VII SLTP Yang Terampil Tambal Ban

Atas nama pemerintah dan warga Nusa Tenggara Timur, gubernur yang identik dengan kepala plontosnya itu menegaskan dukungan atas pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.

“Kami datang dengan membawa tanah dan air sebagai lambang dan simbol untuk dipersatukan dengan tanah dan air dari seluruh pelosok nusantara,” tegas Viktor Laiskodat.

Dia juga menerangkan, prosesi pengambilan tanah dan air sudah dilakukan dengan ritual keterwakilan adat Flobamorata (Flores, Sumba, Timor, dan Lembata).

“Sebagian tanah dan air kami bawa ke IKN. Sebagian lain kami simpan di museum kami. Karena ini sejarah,” tutup Laiskodat.
♦grb

Baca juga:Gubernur se-Indonesia Diperintahkan Bawa Air dan Tanah, Jokowi Akan Adakan Ritual di IKN Nusantara