Konggres Partai Nasdem, Konggres PDIP dan Makna Nasionalis

EXPONTT.COM – Konggres Partai Nasdem 15-17 Juni 2022 dan Rakerna II PDIP 21-23 Juni 2022. Konggres Partai Nasdem sangat berarti bagi pembangunan NTT karena dalam konggres yang dihadiri mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad dari negeri seberang Malaysia. Dalam konggres itu salah satu peserta konggres bernama Julie Sutrisno Laiskodat yang kebetulan merayakan HUT emasnya 50 tahun pada 17 Juni 2022 tampil dan berbicara.

Julie yang adalah isteri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meminta pendapat dan saran Mahatir Mohamad tentang pariwisata NTT khususnya binatang langkah komodo. Julie memohon saran dan pendapat Mahatir Mohamad. Jawaban Mahatir Mohamad di forum nasional itu tentu saja sangat berdampak bagi wisatawan manca negara.

Narasi yang disampaikan Julie Laiskodat bukan narasi politik, tetapi tentang program sanga suami yaitu pariwisata NTT dan ditanggapi Mahatir Mohamad bahwa binatang komodo adalah hewan langkah yang hanya ada di Pulau Komodo. Dulu di zaman gubernur Almarhum Ben Mboi pernah dikirim lima ekor ke Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen untuk dilepas di kebun binatang, tetapi kisahnya tak berkelanjutan.

Apakah komodo berkembang maju di negara pamansam itu. Tidak juga dan tenggelam tiada kabar beritanya. Komodo hewan langkah dan hanya bisa hidup dan berkembang di Pulau Komodo. Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat punya perhatian serius masalah komodo agar terus di lestarikan.

Kedua soal Konggres II PDIP sangat kental nuansa nasionalis karena dalam konggres itu mendesak Presiden Jokowi agar mengagendakan lagi pelajaran Pancasila di sekolah. Ini agenda penting dinarasikan dalam Konggres II PDIP 21-23 Juni 2022. Dan tentu saja berbeda dengan konggres Partai Nasdem yang sangat ambisius membaca nama Capres Anies Baswedan, Andika Prakasa dan Ganjar Pranowo. Di Konggres II PDIP penetapan nama capres diserahkan pada Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

Konggres II PDIP juga meminta pemerintah supaya menelurkan program tanam dalam rangka pemulihan ekonomi yaitu dengan menanm pisang, umbi-umbi, sorgum dan tidak menyarankan tanam padi. Silahkan rakyat yang menilai isi atau inti dan rekomendasi yang disampaikan oleh kedua partai ini.

Konggres II PDIP di siarkan langsung oleh sejumlah media termasuk kompas tv sedangkan konggres Partai Nasdem disiakan oleh Metro TV yang pemiliknya adalah Surya Paloh. ♦ wjr