Stephanus Pelor Cagub NTT 2024 dari Partai Perindo

EXPONTT.COM – Nama Stephanus mungkin masih asing bagi warga NTT, tetapi dari perjalanan karir, seorang Stephanus Pelor dipastikan akan pelor pembangunan NTT 2024-2029.

Berikut profil lengkap DR. STEPHANUS PELOR, S.H., M.H; yang memiliki hobi organisasi, olahraga dan membaca, putra asli Rai-Desa Rai, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kelahiran Rai Tanggal 23 Januari 1965, Kewarganegaraan Indonesia, Agama Katholik, adalah seseorang yang mengisi hidupnya dengan berbagai hal yang berguna dan bermanfaat bagi diri, keluarga dan negaranya. Hal inilah yang kemudian selalu memberinya inspirasi untuk selalu menetapkan target tertinggi, berusaha, dan bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik, baik dalam menjalankan tugas sehari-hari maupun dalam menempuh Pendidikan formal dan in-formal.

STEPHANUS PELOR, S.H., M.H; adalah Putra bungsu dari pasangan Bapak Hendrikus Heo (Alm) dan Ibu Elisabet Bungkang (Alm) yang keduanya bekerja sebagai Petani sangat sederhana dari Rai, Desa Rai. Beliau menempuh dan menyelesaikan Pendidikan Sekolah Dasar di SD Katholik Cancar I – Kecamatan Ruteng pada tahun 1981; Jenjang Sekolah Menengah Pertama dia lalui di SMP Negeri 2 Ruteng (sekarang Langke Rembong) dan lulus pada tahun 1984. Sedangkan Sekolah Menengah Atas ditempuh di SMA Negeri 2 Ruteng/selesai di SMA Katholik Karya Ruteng dan tamat pada tahun 1987. Dengan niat dan cita-cita yang kuat dari suami Daria Lamung Sarjana Perpajakan ini kemudian memutuskan untuk meninggalkan tanah kelahirannya Rai-Desa Rai dan merantau ke Kota Metropolitan Jakarta.

Pada tahun 1987 – 1992,  beliau memutuskan untuk melanjutkan Studi di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (Jurusan Fiskal/Perpajakan). Keinginan serta dorongan yang kuat untuk belajar ilmu hukum, membuat Bapak dari Philips Septiano El qorazon Pelor Sarjana Psikologi Alumni Universitas Katholik Atmajaya Jakarta dan Gregorius Barbarigo Haley De Pelor Sarjana Ekonomi Akuntansi Bisnis Internasional Alumni Universitas Trisakti Jakarta  ini memutuskan untuk belajar ilmu hukum. Pada tahun 1999 beliau mulai kuliah ilmu hukum pada fakultas hukum Universitas Islam Jakarta dan selesai pada tahun 2003. Gelar Sarjana Hukum tersebut menghantar DR. STEPHANUS PELOR, S.H., M.H untuk menekuni bidang hukum dan mulai menekuni pekerjaan pada bidang legal-formal.

Dengan hasrat intelektual yang tinggi, pendiri dan partner kantor hukum Dr. Stephanus Pelor, SH.MH & Partners ini kemudian melanjutkan Sekolah Program Pascasarjana Magister Ilmu Hukum Bisnis (S2 Hukum Perdata) di Universitas Pancasila Jakarta pada tahun 2004 dan meraih gelar Magister Hukum Perdata pada tahun 2006. Selanjutnya, pada tahun 2010 – 2012 DR. STEPHANUS PELOR, S.H., M.H menyelesaikan Pendidikan Program Pascasarjana Doktoral (S3) di bidang Hukum Pidana Universitas Jayabaya Jakarta dalam waktu sangat singkat (2 tahun) beliau berhasil meraih gelar Doktor bidang Hukum Pidana.

Selain Pendidikan formal yang telah ditempuh oleh DR. STEPHANUS PELOR, S.H., M.H; juga mengikuti berbagai Pendidikan Non-formal, diantaranya: mengikuti berbagai seminar-seminar hukum dan bisnis, baik lokal, Nasional maupun Internasional, mengikuti berbagai jenis Kursus/Diklat yang berkaitan dengan profesi.

Dalam dunia kerja (karyawan swasta) DR. STEPHANUS PELOR, S.H., M.H;  pada tahun 1992-1993 pernah bekerja sebagai Staff Personalia pada PT. Rona Nusa Alami (Holding Company) Jakarta; pada tahun 1994 -1997 pernah bekerja sebagai Personalia PT. Arthamas Wisnu Karya Jakarta; pada tahun 1997-2003 pernah bekerja sebagai Legal Manager PT. Fuji Staff Indonesia (Perusahaan Jepang); selanjutnya pada tahun 2003 -2014 pernah bekerja sebagai HRD Manager PT. Mitsubishi Group (Perusahaan Jepang); pada tahun 2008 – Sekarang sebagai Pendiri/Partner/ Advokat-Pengacara & Konsultan Hukum pada Kantor Hukum Dr. Stephanus Pelor, S.H.M.H & Partners; juga pada tahun 2008 – sekarang sebagai Konsultan Tetap pada beberapa perusahaan Asing maunpun Lokal di Jakarta; pada tahun 2014 – 2015 pernah sebagai Tenaga Ahli DPR RI; pada tahun 2014 – Sekarang sebagai Dosen Tetap Strata Dua (S2) Magister Hukum dan Dosen Strata Satu (S1) dengan Jabatan Lektor merangkap Anggota Senat Akademik  pada Universitas Mpu Tantular-Jakarta; pada tahun 2017 – Sekarang sebagai Dosen Tidak Tetap Strata Dua (S2) Magister Hukum pada Universitas Bung Karno-Jakarta; pada tahun 2017 – Sekarang, juga mengajar pada kursus-kursus hukum calon Advokat/Pengacara PERADI serta pada tahun 2017-Sekarang sebagai Narasumber diberbagai Seminar Hukum dan menulis artikel hukum;  pada tahun 2017 – Sekarang sebagai Saksi Ahli Hukum di Sidang Pengadilan dan Kepolisian; pada tahun 2019 – Sekarang sebagai Pemilik/Direktur PT. Ati Mas Mongko-Jakarta; terhitung 1 Desember 2022 sebagai salah satu pimpinan HRD dan Legal pada perusahaan penerbangan PT. Sriwijaya Air – Nam Air (Holding Company Management).

Setelah malang melintang bekerja di Ibu Kota Metropolitan Jakarta, mulai dari sebagai Staff Personalia, sebagai Personalia, sebagai Manager Perusahaan, sebagai Dosen S2 dan Dosen S1, sebagai Advokat/Pengacara dan Konsultan Hukum hingga sebagai Direktur Perusahaan, beliau juga aktif dalam Politik Peraktis. Tercatat sejak tahun 2006 – 2015 sebagai Anggota dan Kader Partai Hanura. Selanjutnya, pada tahun 2009 beliau pernah menjadi Calon Legislatif DPR RI dari Partai Hanura Dapil NTT I Nomor Urut I; dan  Tercatat  pada tahun 2018- 2020 sebagai Anggota dan Kader Partai Berkarya, pada tahun 2019 beliau pernah menjadi Calon Legislatif DPR RI dari Partai Berkarya Dapil NTT I Nomor Urut I. dan juga  sejak tahun 2020 – 2026 tercatat sebagai Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Karatedo Indonesia (DPN LEMKARI) dengan jabatan sebagai Wakil Ketua Bidang Hukum; serta pada tahun 2022 – Sekarang Tercatat sebagai Anggota Partai Perindo.

Pengalaman bidang  organisasi Politik peraktis tersebut mendorong DR. STEPHANUS PELOR, S.H., M.H untuk ikut serta dalam pentas Politik Pemilihan Umum pada tahun 2024 dan menjadi Bakal Calon Legislatif DPR RI dari Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo) dari Dapil NTT I.  ♦ wjr