SMAKN Ende Laksanakan Visitasi Akreditasi Sekolah

EXPONTT.COM – Komunitas SMAK Negeri Ende menerima kunjungan Asesor BAN-S/M Provinsi NTT dalam rangka Visitasi Akreditasi pada SMAK Negeri Ende. Visitasi Akreditasi dilaksanakan pada Rabu (30/8/2023) sampai dengan Kamis (31/8/2023). Kegiatan akreditasi diawali dengan seremonial pembuka yakni para asesor diterima secara adat melalui bhea dan pemakaian pakaian adat (lawo-lambu) sebagai tanda bahwa kita adalah keluarga dan saudara-saudari.

Kepala SMAKN Ende, Yohanes Devita Son Duri dalam sambutan pada acara pembukaan memaparkan tentang pentingnya kegiatan akreditasi ini dalam menjaga kualitas sekolah. “kualitas sekolah ini ditentukan oleh penilaian dan proses akreditasi hari ini dan besok. saya yakin kedua asesor ini pasti memiliki visi yang sama yakni mencerdaskan anak bangsa yang mengenyam pendidikan di SMAK N Ende yang pelindungnya St. Thomas Morus,” ujarnya.

Pada kesempatan yg sama, Son mempresentasikan keadaan aktual SMAK Negeri Ende. Dalam acara pembukaan visitasi akreditasi tersebut hadir juga Plh. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ende, Yosef Jemali, SE, Ketua Komite SMAK Negeri Ende, Drs. Fransiskus Naga, S.Ag, Pengawas PAK, Titus Tara, S.Ag.,M.Th, perwakilan orang tua siswa, perwakilan tokoh masyarakat, kedua asesor yakni ibu Cornelia Hildegardis, ST.,MT dan ibu Febriyanti Alwisye Wara, S.Kom.,MT, serta para guru dan pegawai SMAK Negeri Ende.

Proses penilaian Akreditasi meliputi beberapa komponen terdiri dari: Komponen Mutu Lulusan, Proses pembelajaran, Mutu sekolah, dan Manajemen Sekolah. Selain itu, penilaian observasi kelas dan lingkungan sekolah dilaksanakan pada hari kamis, (31/8/2023). Untuk diketahui, selama proses akreditasi proses kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap berjalan sesuai roster pelajaran harian.

Secara terpisah, ketua panitia pelaksana visitasi akreditasi SMAKN Ende, Damianus Loni, menyampaikan harapannya dan ucapan terima kasih kepada kedua asesor dan seluruh civitas akademika SMAKN Ende yang telah menyukseskan kegiatan visitasi akreditasi. ♦IS/HM