Harapan Amos Corputy: Perusak Bank NTT Harus Segera Di Usir Dari Jabatan Mereka di Bank NTT

♦ RUPS-LB Hari Senin 27 November 2023

EXPONTT.COM – Hari Senin, 27 November 2023, hari sangat bersejarah dalam perjalanan Bank NTT. Mengapa, karena ini, Pemegang Saham Pengendali dalam hal ini Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L.Kalake, para pemegang saham Seri A dan B menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham –Luar Biasa (RUPS-LB). Di antara peserta RUPS-LB penjabat gubernur, para bupati se-Nusa Tenggara Timur, pemegang Saham Seri B Almahum Piet A Tallo yang diawakili anak Joan Tallo, Alarhum Ovi WIla Huky yang diwakili puteranya Maksi WIlahuky dan Charles Amos Corputy.

Diharapkan, PSP, para pemegang saham Seri A dan pemegang Seri B melihat dengan hati jernih atas persoalan carut marutnya Bank NTT selama hampir tiga tahun terakhir. Bukan nama baik yang disiarkan ke khalayak NTT tetapi keburukan bahkan hingga Kantor Cabang Surabaya ditutup. Dan berbagai masalah diantaranta MTN Rp 50 Miliar dan berbagai kasus kredit yang menyebabkan bank milik orang NTT ini menuju kehancuran. Kerugian hingga Oktober 2023 terus melorot.

Amos Corputy, penjuang kebenaran sejati di mata Tuhan, mantan Dirut Bank NTT dan pelaksana pembangunan lima lantai serta merekrut staf-staf hingga menjadi Dirut dan pejabat penting di Bank NTT akan berdiri di atas “ Kebenaran “ mengungkapkan semua persoalan yang membelit Bank NTT dalam tiga tahun terakhir. Gugatan mantan Dirut Bank NTT Izhak Eduard Rihi kepada PSP dan semua pemegang Saham Seri A dan Seri B serta yang ikut tergugat sudah di menangkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Klas I A Kupang 8 November 2023.

Amos Corputy, dalam sebuah obrolan dengan expontt.com 29 September 2023 mengatakan isi hatinya terdalam. Ini dari isi hati seorang Amos Corputy, ialah ‘perbaikan’ kinerja dan system Bank NTTyang profesional dan bermartabat. Berikut warta hasil wawancara dengan Amos Corputy yang sudah diwartakan expontt.com.

” Amos Corputy selaku pemagang saham Seri B, mantan Dirut Bank NTT dan berjazah membangun Bank NTT lima lantai dan megah di Jalan W. J. Lalamentik Kupang menyatakan, ”Saya siap korban jiwa raga ini demi keselamatan Bank NTT. Saya terus mengkritisi persoalan keboborokan mental korup dan merugikan keuangan rakyat NTT yang ramai diperbincangkan dan diwartakan berbagai media selama ini. Sesuai motto Bank NTT melayani dengan sungguh saya akan berjuang sampai tetes darah terakhir demi keselamatan dan kesehatan Bank NTT. Saya mendesak agar komisaris dan direksi Bank NTT terutama dirutnya segera diganti dan proses hukum. Bukti sudah sangat lengkap dan sekarang tinggal aparat penegak hukum terkesan diam. Beberapa waktu lalu Kejari Kota Kupang sudah melakukan sita sejumlah barang bukti, tetapi sampai kini diam. Mengapa. Saya sangat prihatin.” Itulah kalimat Amos Corputy dengan wajah geram di tayangkan A1CHANEL pekan lalu.

Hingga memasuki Oktoer 2023, aparat penegak hukum, Kajati NTT terkesan diam tan bergeming. Amos mengharapkan dan memohon Penajabt Gubernur NTT yang sudah sebulan menjabat segera ambil sikap tegas dengan menggelar RUPS Luar Biasa dan mengganti semua pengurus mulai dari komisaris utama dan anggota juga Dirutnya Alek Riwu Kaho dan semua pengurus yang terlibat didalamnya. Bank NTT sudah terpuruk masih juga mempertahankan para pengurus yang ada dan penuh noda hitam.

Amos pun geram,” Bank NTT Cabang Surabaya sampai tutup akibat kerugian ratusan miliar. Lalu mau bentuk bank devisi. E pengurus Bank NTT, sekara sudah menggunakan dana online, tidak lagi dana cash, mau bentuk bank devisa hanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak paham dan hanya orientasi menghabiskan uang di Bank NTT. Kita mohon dengan sangat Bapak Penjabat Gubernur segera ambil sikap tegas, karena Bapa walau hanya penjabat tetapi punya hak supaya jangan sampai bank NTT terus merugi. Jadi semua omong kosong yang dilakukan oleh oknum pengurus hanya mengelabui rakyat NTT selaku pemilik bank. Komisaris yang terlibat sejak SK 01 dan kebijakan yang merusak dan merugikan Bank NTT sebaiknya segera dicopot dan proses hukum. Sekali lagi saya tegaskan, saya akan paling depan membela Bank NTT nyawa pun saya korbankan,” tegas Amos Corputy dalam obrolan dengan expontt.com 29 September 2023.

Seperti sudah diwartakan, Amos Corputy kepada expontt.com Senin 6 Februari 2023 menegaskan bahwa dirinya menghormati pendahulunya yang bekerja dengan dan melayani nasabah dengan jujur dan tidak mementingkan diri. Dalam pesan WA yang dikirim kepada expontt.com, Amos Corputy menyatakan kekecewaanya kepada para pemegang saham yang tidak segera mengambil sikap dan kebijakan tegas. “Dulu, Dirut Bank NTT Izack Rihi dicopot “hanya karena tidak memenuhi target laba Rp 500 Miliar.” Nah sekarang jelas lebih amburadul dan tidak mampu menyelesaikan persoalan dimana harus mencari Rp 700 Miliar. Tetapi terkesan diam-diam saja. Itu sebabnya saya mendesak para pemegang saham agar segera gelar RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa supaya bank ini bisa kembali sehat dan tidak ada yang korupsi. Bank NTT ini sehat,yang tidak sehat dan bermental korupsi hanya pengurus di dalam dari komisaris sampai direksi dan divisi-diivisi. Kita bleh berjuang dengan susahpaya membesarkan bank ini sampai besar seperti sekarang ini, mereka tinggal melanjutkan untuk menjadi lebih baik, bukan bikin baik tetapi malah bikin rusak dari dalam. Kita nasihati, malah somasi, bayar pengacara untuk lawan kita sebagai pemilik bank. Supaya publik tahu, saya adalah pembela keadilan dan kebenaran khusus dalam kasus Bank NTT yang citranya kian buruk.”

Izack Rihi mantan Dirut Bank NTT dan matan Kepala Cabang Bank NTT TTU Eddy Ganggus kepada expontt.com juga berjanji siap mendukung perjuangan Amos Corputy sampai darah penghabisan. Izack Rihi sedang memposes hukum para pemegang saham termasuk pemegang saham pengendali, para bupati dan walikota serta pemegang saham seri B. Kasus yang dilaporkan Izack Rihi saat ini sedang berjalan dan telah menggelar sidang pertama 1 Februari 2023 dan sidang kedua 16 Juni 2023.

“Saya sudah sangat siap membela hak saya. Saya salah apa dan dasar apa saya dicopot. Harus dibukitikan. Siap membela Bank NTT dari keterpurukan sekarang. Ini semua karena pengurus di dalam. Jadi benar, kata Pak Amos pengurus didalam segera diusir. Dosa besar saya tu apa,” tegas Izack Rihi yang saat ini dengan dana pribadi menyewa pengacara. Perjuangan saya seperti yang sudah diwartakan media. Yang saya kecewakan sampai saat ini belum ada sanggahan dari para pemegang saham atas kasus saya ini,” jelas Izack Rihi menjawab expontt.com beberapa waktu lalu.

Tekad dan janji dalam rangka menyelamatkan Bank NTT dari oknum-oknum yang menzolimi bank NTT juga dijanjikan mantan Kepala Cabang Bank NTT TTU Eddy Ganggus. “Saya sudah sangat dirugikan nama baik saya, keluarga saya sehingga keadaan saya terpuruk sekarang. Yang saya narasikan lewat youtub dengan judul nasib sudah menjadi bubur terkait kerugikan kebijakan Bank NTT masalah MTN sangat jelas dan faktanya hasil BPK. Dan hingga kini, kasus ini juga tidak jelas. Ada apa, kita orang NTT sudah miskin ditambah miskin akibat kebijakan yang salah. Rp 50 Miliar bisa bangaun jalan, atau sekolah, puskemasmas untuk rakyat NTT. Tetapi pengurus berbuat seenaknya. Parahnya lagi di Bank NTT ada jabatan penting yaitu Direktur Divisi Kepatuhan. Tugasnya buat apa saja. Ini yang saya kecewakan. Bahkan dua kawan saya sampai meninggal dunia karena mungkin sress. Karena itu, saya terus berjuang sampai tetes darah terakhir. Saya diberhentikan tanpa diberi pesangon. Sebagai bukti saya tidak bersalah saya tidak mengambil uang pensiun. Biarkan saya menjalani kehidupan tanpa dibiayai uang haram,” keluh Eddy Ganggus yang saat ini kasusnya masih dalam proses perdata dan kemungkinan ke kasus pidana.

Bank Devisa

Ditegaskan mantan Dirut Bank NTT, Amos Corputy kebijakan Dirut Bank NTT Aleks Riwu Kaho yang mempromosikan perubahan Bank NTT menjadi Bank Devisi, mau transaksi apa. ”Disatu sisi bank ini mau kolaps, kredit terus meningkat sementara laba terus menurun dan menurun, citra Bank NTT sudah terpuruk, kerigian, korupsi masih merajalela jadi kita mau transaksi apa. Mau tukar valuta asing bagaimana dengan keadaan yang serba sulit. Yang mendesak saat ini yaitu mengganti seluruh pengurus dan diganti dengan tenaga profesional. Di Bank NTT ada banyak tenaga profesional tinggal seleksi, atau bisa ambil dari luar yang penting harus ketat dan profesional. Bank Devisi sejak zaman saya dilanjutkan Izhak Rihi. Hanya belum dilaunching kala itu. Orang sekarang sudah berubah ke bank digital dan system transaksi sudah secara digital sudah global. Apa yang mau dibanggakan kalau Bank NTT hanya jadi Bank Devisa. Dulu saya buka kantor cabang di Surabaya dalam rangka Bank NTT menjadi bank devisa. Sekarang transaksi sudah system digital diseluruh dunia. Orang mau beli barang di Negara mana saja sudah dengan cara digital,” jelas Amos Corputy, kepada expontt Rabu 6 September 2023.

Diuraikan, pengertian digital banking adalah bentuk perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan, mengakses informasi rekening, dan mengelola keuangan melalui ponsel pintar, tablet, maupun desktop.” Jadi hanya itu, ganti seluruh pengurus dan bukan jadi bank devisa tetapi bank digital supaya jangan ketinggalan. Sekarang sudah menggunakan mata uang online,” kata Amos Corputy.

Seperti telah diwartakan berbagai media, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT mengharapkan Bank Pembangunan Daerah atau Bank NTT untuk meningkatkan keamanan dalam menghadapi resiko usai bertransformasi menjadi Bank Devisa. Kepala Bank Indonesia Provinsi NTT, S Donny H Heatubun mengatakan Bank NTT sudah mendapatkan status baru sebagai Bank Devisa.

Namun dengan status Bank Devisa, kata dia, Bank NTT secara leluasa mendapatkan pendapatan tetapi di satu sisi harus ada kewajiban dan akan terus meningkat.

“Untuk itu, dengan status yang baru, baik secara infrastruktur, keamanan dan sumber daya manusia serta sistemnya betul-betul handal dan jaga dengan baik,” ujar Donny. Kendati demikian, lanjut Donny, terdapat beberapa resiko terkait kemajuan teknologi. Di satu sisi bisa membantu namun di sisi lain merupakan ancaman.

“Tentunya perlu adanya sistem pengamanan yang lebih baik lagi. Hal-hal seperti itu lebih kepada mitigasi resikonya,” ungkap Donny.Donny menyampaikan meskipun telah berubah status menjadi Bank Devisa, terkait operasional ada beberapa perizinan yang harus dipenuhi Bank NTT.

“Terutama untuk operasional moneter valuta asing nanti ada kewajiban dan akan dipetakan semua. Saya sudah minta ke Bank NTT untuk berkirim surat ke Bank Indonesia pusat soal informasi kepesertaan moneter valas,” katanya.
Dirinya pun berharap ketika berubah status, Bank NTT harus menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kepala OJK Provinsi NTT Japarmen Manalu mengatakan Bank NTT telah memperoleh izin untuk melaksanakan kegiatan usaha dalam valuta Asing (Bank Devisa) sesuai keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-62/D.03/2023.

Dalam putusan surat tersebut, terkait pemberian izin untuk melakukan kegiatan usaha dalam valuta asing bagi PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur tanggal 31 Agustus 2023.

“Jadi tanggal 31 Agustus 2023 Kepala eksekutif pengawasan perbankan dan kantor pusat telah menandatangani surat izin. Sekali lagi kami juga mengucapkan selamat kepada BPD, OJK secara berjenjang sudah memberikan kepercayaan untuk menjadi peningkatan kualitas pelayanan menjadi Bank devisa,” jelas Japarmen Manalu.” ♦ wjr

Catatan Wens John Rumung

APA maksud Tuhan berkata “Aku jalan kebenaran dan hidup” Yang ingin mendalami tentang kebenaran bisa membawa Yohanes 14 ayat 6. Isi kitab suci ini, sangat berat diterjemahkan manusia berdosa. Tetapi kisah ini, diterjemahkah langsung, dipraktek dan dihayati seorang Hamba Tuhan berna Amos Corputy. Apakah orang ini seorang nabi? Bukan, orang ini hanya seorang manusia biasa yang kebetulan berprofesi sebagai banker.

Ya banker yang berjasa besar membangun Bank NTT sampai membangun gedung megah Bank NTT yang berdiri agun dan berwibawa di Jalan W.J. Lalamentik. Amos Corputy seorang manusia bisa tetapi kaya arti. Adalah fakta yang perlu diangkat dalam kisah kali ini, terkait perkara Mantan Dirut Bank NTT Izhak Rihi yang menggugat pemegang saham pengendali dalam hal ini Gubernur NTT, para bupati dan Walikota Kupang pemegang Saham Seri A serta pemegang Saham Seri B termasuk dirinya selaku pemegang Saham Seri B.

Yang terjadi di dunia nyata saat ini, tergugat biasanya membela diri, membenarkan diri dan mengumpul barang bukti agar yang mengggat tekuk lutut, kalah dan mendapat hukuman. Tetapi tidak halnya dengan Amos Corputy. Amos Coputy membela si tergugat Izhak Rhi. Aneh tetapi nyata. Dan patutdi anugerahi tanda hormat dalam bentuk piagam berharga yang ditulis dengan tinta emas. Nota pembelaan atau duplik ditulis dalam selembar kertas, nota itu ditulisnya sesuai tuntunan Roh Kudus, Keramiman ilahi. Tulisan ini, dalam rangka menggugah hati kita semua, para pengmbil keputusan dalam perkara ini agar menegakan keadilan dan kebenaran dan bukan berdasarkan ambosi atau nafsu duniawi.

Mantan Dirut Bank NTT Izhak Eduar Rihi sudah mengirim surat resmi kepada Ketua Komisi Judisial RI agar ikut memantai jalannya sidang yang akan digelar lagi 7 Juni 2023 besok. Isi suratsangat jelas meminta agar Komisi Jusial memantai jalannya persidangan. Sikap yang ditempuh Izhak Rihi sangat rasional karena perkara ini melibatkan penguasa yang masih berjabat aktif dan bisa mempengaruhi jalannya atau istila yang lebih tegas mengintervesi majelis halim oleh para penguasa dan berduit..

Kita semua diharapkan mengikuti jejak atau keputusan nurani terdalam seorang Hamba Tuhan yaitu Amos Corputy.

Saya sudah merilis beritanya, ” Mantan Dirut Bank NTT yang juga berjasa besar membangun Bank NTT hingga membangun Gedung Bank NTT lima lantai Amos Corputy konon sudah mengirimkan dupliknya kepada Majelis Hakim PN Klas I Kupang pertengahan Mei 2023. Amos Corputy termasuk yang digugat dalam kapasitasnya sebagai pemegang Seri B. Surat duplik sudah diserahkan Amos Corputy yang dikuasakan kepada Eddy Ganggus yang diserahkan pada Selasa 30 Mei 2023.

Kepada expontt.com Sabtu 3 Juni 2023 mengaku sudah diserahkan pada staf bagian umum dan mengaku tanpa tanda terima.” Saya sudah serahkan, tetapi tidak ada tanda terima,” kata Eddy Ganggus.

Dalam percakapan lewat WA dengan expontt.com, Senin 15 Mei 2023 Amos berpendapat, ”Saya sudah kirim duplik selaku tergugat XXV terhadap replik penggugat dalam sidang Nomor:309/Pdt.G/2022/PN.KPG. Saya memang tergugat tetapi saya harus membela kebenaran. Intinya saya membela kebenaran walaupun saya tergugat tapi saya terlibat dalam mengalami sendiri apa yang terjadi itu yang harus saya katakan. Saya sudah serahkan ke panitera PN Kas I Kupang. Saya mengalami sendiri.”

Ditambahkan Amos Corputy,” Bahwa Saya sependapat dengan replik penggugat tentang keputusan RUPS Luar Biasa PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur yang memberhentikan PENGGUGAT sebagai Direktur Utama sesuai fakta RUPS Luar Biasa yang saya hadir sendiri. Ya, bahwa pemberhentian Izhak Rihi selaku Dirut Bank NTT tidak diagendakan dalam RUPS Luar Bisa 6 Mei 2020. Pemberhentian Pak Izhak sebagai Direktur Utama Bank NTT telah menjadi Keputusan RUPS Luar Biasa hanya berdasarkan kewaenangan RUPS memberhentikan sewaktu-waktu direksi tanpa memperhatikan kewajiban untuk menyebukan alasan pemberhentian dan memberikan kesempatan membela diri kepada Pak Izhak.

Permintaan pembelaan diri oleh Gubernur/PSP kepada Izhak Eduard dilakukan setelah RUPS LB mengambil keputusan pemberhentian penggugat. Saya harus tegaskan bahwa pemberhentian Pak Izhak bukan merupakan usulan komisaris dan tidak ada rekomendasi Komite Remunerasi dan Nominasi atau KRN. Saya tidak bohongi diri saya, walau saya termasuk tergugat. Saya kira ini saja dulu, kita lihat sidang saja nanti.”

Terkait RUPS Luar Biasa 6 Mei 2020 

  1. RUPS LB tidak ada agenda Pemberhentian Direktur Utama, yang ada hanya pertanggungjawaban Direktur Kredit terhadap kredit macet Surabaya;
  2. Tidak disebutkan/dibahas alasan pemberhentian dalam berita acara rups lb tetapi disebutkan oleh Gubernur/PSP dalam konferensi pers tidak capai laba 500 M, tidak butuh superman tetapi super tim padahal kontrak kinerja laba 500 m ditandatangani 7 Januari 2020 untuk tahun buku 2020 bukan 2019 bahkan rups lb sudah menerima pertanggungjawaban laporan keuangan tahun buku 2019.
  3. Laba kotor tahun 2019 telah mencapai 402 M yang turun akibat kredit macet Surabaya 100 M 
  4. Kesempatan membela diri tidak dinyatakan dalam Berita Acara RUPS LB, hanya disebutkan secara lisan setelah RUPS LB mengambil keputusan memberhentikan Penggugat.
  5. Peryataan pers Gubernur/PSP adalah pembohongan publik yang mencemarkan nama baik dan merendahkan martabat penggugat.
  6. Pernyataan Tergugat bahwa program kerja Penggugat hanyalah propaganda adalah tidak benar dan fitnah karena Penggugat memiliki program kerja untuk hal tersebut hanya tidak diberi kesempatan untuk hal tersebut.
  7. Kewenangan memeriksa dan mengadili perkara ini adalah PN Kupang bukan PTUN
  8. Keabsahan Kuasa Hukum Tergugat 1 diragukan.♦