Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho Bohongi Publik NTT

♦ Hasil Audit OJK, Bank NTT Berhasil Pertahankan Status sebagai Bank Sehat

EXPONTT.COM – Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho menyiarkan berita bohong dalam jumpa pers 29 Desember 2023. Pada kesempatan itu, Alex menegaskan bahwa hasil audit Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menyatakan satus Bank NTT sebagai bank sehat.

Pernyataan ini dibantah dengan keras oleh Marsel Nagus Ahang, Ketua Lembaga Pengkaji Peneliti Demokrasi masyarakat (LSM LPPDM) Menurut calon anggota DPRD dari PSI ini, sejumlah kasus korupsi, MTN Rp 50 Milir, penutupan Kantor Bank NTT Cabang Surabaya, aliran dana kredit fiktif take over Bank NTT dari Bank Artha Graha (AG) senilai Rp 100 Miliar sengaja dicairkan secara tunai oleh PT. Budimas Pundinusa dari Bank NTT dan masih banyak kasus yang meugikan nasabah Bank NTT, apakah ini bank sehat. “ Masih banyak kasus korupsi,di kantor pusat maupun kantor cabang dengan berita miring tentang Bank NTT selama empat tahun terakhir, sehingga Bank NTT nyaris dturunkan status menjadi BPR.Apakah ini bank sehat menurut OJK. Karena OJK yang menyetuji penganagkatan Alex sehingga mem-back up Alex?

Apakah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan NTT menemukan sebanyak 11 (sebelas) kejanggalan alias rekayasa alias kongkalikong pihak Bank NTT dibalik Kredit Fiktif PT. Budimas Pundinusa senilai Rp 100 Milyar yang di take over Bank NTT dari Bank Artha Graha, apakah Bank NTT sehat? Menurut saya Bank NTT yang dari data keuntungan terus merugi, kasus kredit yang terus bermasalah,apakah bank ini sehat? Jadi Dirut jangan membuat pernyataan bahwa Bank NTT ini sehat.”

Belum lagi kasus lain, terjadi penurunan laba sebesar Rp 159.090 juta,atau turun senilai 59 persen dari bulan November 2022 ke November 2023. “ OJK bisa klarifikasi publikasi laba oleh Bank NTT, apakah memang seperti itu dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata mantan seorang kepala cabang Bank NTT melalui pesan WA kepada expontt.com.

Ditmbahkan, laba bulan November 2020 Rp 207 miliar 993 Juta dengan laba bulan November 2023 turun menjadi Rp 100 Miliar 777 juta.Laba bulan Novembe 2022 Jadi laba tiga tahun dari 2020 lebih tinggi dari laba bulan November 2023. “ DImanakah data yang menyatakan bahwa laba Bank NTT mengalami peningkatan?”.

Dalam jumpa pers 28 Desember 2023 Dirut Bank NTT sebagaima sudah diwartakan berbagai media,” PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur atau Bank NTT berhasil mempertahankan statusnya sebagai Bank Sehat dalam proses audit yang diselenggarakan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan belum lama ini.

Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho menegaskan, dalam operasional perbankan sepanjang tahun 2023, Bank NTT senantiasa diaudit oleh KAP, maupun OJK dan aditor negara lainnya.

Dalam auditnya, OJK menilai Bank NTT saat ini dalam keadaan sehat dan berhak menyandang status sebagai Bank Sehat.
“Kemarin kita sedang berproses diaudit oleh BPK, dan sementara dalam penyusunan laporan terakhir. Dan dari hasil-hasil audit yang dilakukan baik oleh KAP dan OJK, terutama oleh OJK memberikan komposit tingkat kesehatan Bank NTT sejak 2021 Desember hingga Juni 2023, Bank NTT memiliki tingkat ksesehatan bank yang sehat,” terang Dirut Alex Riwu Kaho dalam jumpa Pers bersama wartawan di Kupang, Kamis 28 Desember 2023.

Status Bank Sehat ini tidak terlepas dari kinerja keuangan dan sistem serta tata kelola yang selama ini diterapkan oleh Bank NTT.
Kemudian sepanjang tahun 2023, Bank NTT meraih prestasi dan penghargaan antara lain: pertama, Paritrana Award : Juara 1 kategori Perusahan Berskala Besar, Sektor Keuangan dan Perdagangan & Jasa, diinisiasi oleh Kemenko PMK, Kemenakertrans, Presiden, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kedua, penghargaan, sebagai Orang Tua Asuh Bayi/Balita Stunting di Kota Kupang Tahun 2023″ dari Pemerintah Kota Kupang.
Ketiga, Piagam Penghargaan “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023” dari Komisi Informasi Provinsi NTT kepada Bank NTT sebagai Badan Publik “Menuju Informatif” dari Komisi Informasi Provinsi NTT (KIP NTT).

Keempat, Bank NTT meraih Piagam Penghargaan sebagai Mitra Terbaik Kerjasama Sponsorship terbanyak dari TVRI NTT.
Kelima, Bank NTT meraih “Certificate ISO27001:2013” oleh Mr. Mike Bruinsma-President Director PT SGS Indonesia di kantor PT SGS Indonesia.

Keenam, Bank NTT mendapat Penghargaan Infobank Top 100 CEO & The Next 200 Leader 2022 bertajuk The Inspiration from Successful Leaders in Crisis.

Ketujuh, Bank NTT mendapat Penghargaan Platinum Award The Best IT for Public Company 2023 dengan predikat Very Excellent (Platinum) untuk kategori Bank BPD, oleh Economic Review bekerjasama dengan Universitas Prasetya Mulya.

Kedelapan, Bank NTT meraih Penghargaan “Lembaga Keuangan dengan Transformasi Bisnis Berbasis Digital” oleh Pos Kupang Awards 2023.

Kesembilan, Bank NTT mendapat Penghargaan Digital Banking Award 2023 dari Bisnis Investortrust bekerjasama dengan intelectual Business Community (IBC) untuk kategori Dimensi kolaborasi.

Terlepas dari sejumlah capaian di atas, Dirut Alex menegaskan, pihaknya terus melakukan melakukan evaluasi dan mendesain langkah perbaikan, peningkatan dan perubahan, terutama dalam bidang pelayanan. Saat ini, Bank NTT telah menyiapkan media call center yang 24 jam siap melayani nasabah Bank NTT.

Ia berharap, dukungan dari semua pihak untuk mendukung Bank NTT agar Bank NTT terus bertumbuh secara positif.

Hadir dalam kegiatan jumpa Pers tersebut, Direktur Kepatuhan Bank NTT Christofel Adoe, Direktur TI dan Operasional Bank NTT Hilarius Minggu, Komisaris Independen Bank NTT Frans Gana, Kepala Divisi Corsec dan Legal Bank NTT Endri Wardono, dan Kasubdiv Humas Bank NTT Inggrid Manongga.” ♦ wjr