Langkah Politik Frans Aba di Pilgub NTT, Hari Ini Daftar di PKB, Enam Parpol Menyusul

Bakal calon Gubernur NTT Frans Aba bersama Ketua dan pengurus DPW PKB NTT. (Foto: Istimewa)

EXPONTT.COM – Bakal calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Fransiskus Lara Aba resmi mendaftar di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Senin (29/4/2024).

Pantauan Koranntt.com, Frans Aba tiba bersama tim keluarga dan tim pemenangan di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB NTT sekira pukul 16.00 WITA.

Tiba di Kantor DPW PKB NTT, Frans Aba diterima langsung oleh Ketua DPW PKB NTT, Alo Malo Ladi bersama pengurus DPW PKB NTT.

Usai mendaftar di DPW PKB NTT, Frans Aba mengatakan, pihaknya sudah mengambil formulir pendaftaran di sejumlah partai politik yang dalam Pileg 2024 yang mendapatkan kursi di DPRD Provinsi NTT.

Ia menyampaikan, selain di PKB dalam minggu ini dirinya bersama tim akan mendaftar di 6 partai politik.

“Besok jam 10 (mendaftar) di PAN. Jam 5 di Partai Hanura. Sedangkan lusa hari Rabu di PDI Perjuangan jam 10 dan Partai Perindo jam 3 atau 4 sore. Sedangkan Kamis 2 partai yakni Gerindra dan PSI,” ujarnya.

Frans Aba menyatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dan koordinasi bersama 6 partai yang akan didatangi untuk mendaftar sebagai bakal calon Gubernur NTT.

“7 Partai ini adalah partai yang sudah kita lakukan koordinasi dan komunikasi sebelum kita daftar langsung kepada Ketua maupun Sekretarisnya,” ungkap Frans Aba.

Ia menegaskan, komunikasi yang dibangun bersama partai politik tidak membicarakan terkait siapa yang akan didukung, tapi komunikasi tentang bagaimana membawa NTT untuk lebih maju ke depan.

“Prinsip dasarnya, kita masuk dan mendaftar (di partai) yang sudah ada kesepahaman dari sisi bagaimana NTT ke depan. Bukan siapa yang menjadi Gubernur atau Wakil Gubernur,” tegasnya.

Terkait bakal calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya dalam Pilkada Gubernur NTT mendatang, Frans Aba menyatakan, semuanya akan berproses bersama partai politik.

“Daftar ini saya melakukan pendaftaran sebagai calon Gubernur Provinsi NTT 2024-2029. Soal wakil, tidak dalam proses yang saya lakukan hari ini. Tapi proses mendapatkan wakil ada pertimbangan geopolitik, kesepahaman, dan bagaimana kita berjalan bersama-sama,” tuturnya.

Ketua DPW PKB NTT Alo Malo Ladi mengatakan, Frans Aba yang dulunya merupakan kader PKB telah kembali ke rumah sendiri.

“Saya ingin menyampaikan kepada kita semua bahwa dia yang pergi telah kembali,” ujar Alo kepada wartawan usai pendaftaran.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Frans Aba yang memilih PKB sebagai partai pertama mendaftar sebagai calon gubernur NTT.

“Kami sangat berterima kasih atas niat dan keinginan mau bergabung untuk memajukan NTT lewat Partai Kebangkitan Bangsa,” ucap Alo.

Selaku dewan pengurus wilayah, ia menegaskan bahwa pendaftaran ini merupakan langkah awal dari seluruh proses.

Karena setelah proses ini, selanjutnya akan berlangsung di DPP hingga sampai pada fitandpropertest atau uji kelaikan.

Ia pun mengajak Frans Aba untuk menemui Ketua Umum DPP PKB dalam rangka mengikuti halal bihalal partai.

“Tentu juga saya yang akan membawa langsung bertemu dengan ketua umum,” tandasnya. ♦ koranntt.com