Setya Novanto e… memalukan

WJR

NAMA Setya Novanto, sangat dikenal di Indonesia. Ia juga sahabat saya tetapi bukan sahabat dekat. Saya mengenal Setya Novanto dan beberapa kali pernah bersuah beberapa kali di kantornya. Jauh sebelum dia menjadi Ketua DPR RI. Dimaklumi karena Setya Novanto adalah anggota DPR RI yang dipilih rakyat NTT khusus di Daerah Pemilihan II Pulau Timor, Rote dan Sumba.
Setya Novanto tipe politisi yang bermurah hati,cepat mengulur tangan kepada mereka yang sedang kurang beruntung.
Terakhir perbuatan baik yang diperbuatnya menjadi salah sebab,mengapa si Setya Novanto yang bukan orang NTT dipilih oleh orang NTT? Setya Novanto diberi kedudukan sebagai anggota dewan yang terhormat,orang NTT yang memberi segalanya bagi Setya Novanto bahkan kedudukan sejajar pejabat tinggi Negara yang disegani.
Orang NTT tentu sangat kecewa dan terhina dengan tindakan dan perbuatan Setya Novanto yang digaduhkan sejak Senin 16 November 2015. Berita perbuatan tidak terpuji Setya Novanto yaitu mencatur nama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kala terkait calo proyek raksasa Free Port di Papua.
Masyarakat anti korupsi, anti calo proyek di Indonesia mengecam dan mendasak agar Setya Novanto jantan mengunudrkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI dan sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.Di parlemen baru Fraksi Partai Gerindera yang mendesak agar Setya Novanto mundur dari jabatan. Anti klimaks masyarakat terhadap perilaku tak terpuji, dalam posisinya sebagai wakil rakyat yang telah menyalahgunakan wewenang dengan mencatut nama  Presiden dan Wakil Presiden dalam pembicaraan tentang perpanjangan kontrak dengan PT. Freeport, yang dimana disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presdien Jusuf Kalla “meminta jatah” dalam perpanjang kontrak tersebut. Tidak hanya itu, dia juga telah mempermalukan bangsa Indonesia dalam kunjungannya ke Amerika Serikat dengan menghadiri kampanye politik Bakal Calon presiden AS beberapa waktu lalu, suka pamer kemewahan dengan mengendarai mobil Jaguar ke Senayan di saat rakyat sedang susah. Oleh sebab itu, hal itu beridikasi pada pencemaran nama baik Presiden dan wakilnya dan merujuk pada “penipuan berencana”.
Perbuatan itu sangat memalukan, melecehkan kepala negara dan bangsa Indonesia, sudah sepatutnya Rakyat Indonesia dengan ini menyatakan dan melayangkan mosi tidak percaya kepada Setya Novanto untuk wakili dan) mendesak MKD dan DPR RI untuk turunkan dan pecat Setya Novanto dari DPR RI.
Seluruh Rakyat NTT “MENCABUT MANDAT” dan menyatakan  menyesal telah memilih Setya Novanto untuk mewakili NTT khususnya dari Dapil Timor dan Sumba. Usut dan tuntaskan masalah pencatutan nama presiden dan wakil presiden, karena telah membuat pernyataan palsu dan atau perencanaan penipuan dengan menyertakan nama kepala negara ini. Karena itu, Setya Novanto telah melecehkan rakyat Indonesia.
Rakyat NTT harus mendesak Jokowi dan JK untuk melaporkan Setya Novanto ke penegak hukum karena perbuatan melawan hukum dengan tipu muslihat yang melanggar Pasal 378 KUHP:
“Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun”.
Apakah ada rakyat Indonesia (NTT) yang bersiap diri tampil paling depan  memimpin gerakan menurunkan Setya Novanto dari jabatannya sebagai wakil rakyat di parlemen? Saya kurang yakin,ada gerakan rakyat menunrun Setya dari tahtanya.♦