“Andi Mallarangeng “

Catatan Wens John Rumung

ANDI Alfian Malarangeng mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga, mantan juru bicara SBY di Istana dan pernah pidana 4 tahun penjara, mengkritik keras KLB 5 Maret 2021. Hampir semua media terutama televisi nasional mewawancari Andi karena dia sangat kritis dan tajam dalam ulasannya. Andi memang harus mengkritik tajam karena Andi bagian dari kehidupan SBY dan keluarganya. Istilah satu jari menunjuk orang lain tetapi empat jari menunjuk dirinya.” Sekiranya Andi bukan bekas Napi menurut saya omongannya masih dipercaya publik. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu juga divonis denda Rp 200 juta subsider 2 bulan penjara.

Majelis menilai Andi terbukti melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dalam proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Dalam hal ini Andi dinilai terbukti melanggar dakwaan kedua Pasal 3 jo Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 jo Pasal 65 Ayat (1) KUHPidana.

Majelis hakim juga mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan bagi mantan Juru Bicara Presiden Susilo Bambang itu, di antaranya yakni perbuatannya dinilai tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi. Sementara hal yang meringankan adalah Andi belum pernah menjalani hukuman, berlaku sopan dalam menjalankan persidangan, dan belum sempat menikmati hasil korupsinya serta pernah mendapatkan bintang penghargaan dari pemerintah semasa menjabat di KPU. Apa yang saya tulis di atas hanya sekadar gambaran seorang mantan biro dan saat ini setelah kembali dari penjara masih berkoar-koar tentang kebenaran.

Padahal Andi sangat paham tentang politik di Indonesia, Andi paham maksud dari peta politik bahwa KLB dari para senior Partai Demokrat dan mengusung Kepada Staf Presiden atas permintaan para kader senior PD. Bukan atas kemauan atau ambisi seorang Muldoko yang sudah sangat kaya raya dari segi materi. Rakyat miskin pasti goyang-goyang kepala, harga jam tangan Muldoko sampai satu milyar bahkan lebih. Itu hanya satu jam tangan.