Tour de Flores 2016

Rute Tour de Flores

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timut (NTT) pada tahun 2016 akan menyelenggarakan Tour de Flores 2016. Ajang olahraga sepeda ini akan mengenalkan destinasi wisata NTT di pulau Flores. Tour de Flores sendiri merupakan acara tahunan pariwisata di Flores yang dipadukan dengan kegiatan balap sepeda internasional untuk menarik minat masyarakat Indonesia dan mancanegara mengunjungi berbagai objek wisata di Flores, NTT.
Route Tour de Flores 2016
Tour de Flores 2016 rencananya akan dihelat pada Bulan Mei 2016 mendatang Selama sepuluh hari, dari tanggal 15 – 25 Mei 2016 dengan menempuh jarak sekitar 748 km melintasi pulau Flores dari Larantuka, Flores Timur dan berakhir di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Peserta Tour de Flores 2016 akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Selain itu akan dimeriahkan pula dengan berbagai acara wisata budaya, bazar, dan pesta rakyat yang digelar di setiap kota, mulai dari kota pemberangkatan, yakni Larantuka, kemudian di setiap akhir etape, yaitu Maumere (Sikka), Ende (Ende), Bajawa (Ngada), Ruteng (Manggarai), dan berakhir di Labuan Bajo (Manggarai Barat).
Dalam pidato sambutannya ketika membuka acara ‘Eksotika NTT’, yang digelar di Anjungan Taman Mini Indonesia Indah, 22-25 Oktober 2015. Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengatakan “kami menyadari, banyak potensi pariwisata yang kami miliki, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata bahari, wisata religi. Tahun depan kita akan bikin Tour de Flores,” ungkap Gubernur Frans, Kamis (22/10/2015) seperti dikutip di liputan6.
Sedangkan Primus Bolimoro, sebagai ketua penyelenggara mengungkapkan, tujuan Tour de Flores adalah untuk mengingkatkan pariwisata Flores dan NTT. “Kita harap ini akan jadi daya tarik pariwisata. Dari pariwisata ini juga dampaknya akan berhubungan langsung dengan tingkat perekonomian masyarakat. Tak hanya itu, Tour de Flores ini juga supaya menggerakkan pembangunan infrastruktur di NTT,” ungkap Primus kepada Liputan6.
Seluruh kabupaten yang ada di NTT kini telah bersiap untuk menggelar Tour de Flores selama 10 hari. Sejauh ini beberapa kota seperti Maumere, Ende, Manggarai, dan Labuan Bajo telah siap untuk menghelat acara yang akan mengundang banyak pihak untuk datang. ♦ bisnis.com