Inilah 14 UMKM NTT yang Akan Ikut Pameran di MotoGP Mandalika

mandalika
Inilah 14 UMKM NTT yang Akan Ikut Pameran di MotoGP Mandalika / venuemagz

EXPONTT.COM – Sebanyak 14 usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) dari Provinsi Nusa TenggaraTimur (NTT) dipastikan akan ke Lombok Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti pameran dalam gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika 18-20 Maret 2022 nanti.

Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) Manggarai Barat Kandy Mayangsari dari Labuan Bajo, Senin, 14 Maret 2022, mengatakan, pada awalnya yang lolos kurasi yang dilakukan di tingkat provinsi jumlahnya mencapai 20 UMKM dari NTT. Namun setelah diseleksi lagi oleh kurator di tingkat nasional, jumlahnya menjadi 14 UMKM.

“Lolosnya 14 UMKM dari NTT ini melalui seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) dan Kopikon, salah satu Kurator yang ditunjuk oleh pemerintah,” kata Kandy.

Baca juga: Monumen Pancasila Diyakini Sebagai Tempat Astri dan Lael Dieksekusi

Dari 14 UMKM tersebut, lanjut Kandy, Manggarai Barat menjadi daerah dengan penyumbang terbanyak yakni mencapai tujuh UMKM.

“Ya kali ini Manggarai Barat menjadi yang terbanyak penyumbang pelaku UMKM.” ujar dia.

Ia menjelaskan di Mandalika akan hadir 1.256 UKM unggulan dari 14 provinsi di Indonesia. Panitia menyiapkan kurang lebih dua lokasi pameran dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Kandy menambahkan bahwa tujuh UMKM dari Manggarai Barat itu sebelumnya memang sudah dikurasi oleh pihak ketiga tanpa melibatkan BI dan dinyatakan layak. Masing-masing pelaku dikontak secara terpisah dan dikurasi secara daring sesuai bidang usaha.

Baca juga: Gunakan Jet Pribadi, Gubernur Viktor Laiskodat Bawa Tanah dan Air NTT ke IKN Nusantara

Kandy Mayangsari menjelaskan bahwa BI kantor perwakilan wilayah NTT belum lama ini telah mengkurasi 35 pelaku UMKM di seluruh wilayah NTT.

“Para pelaku UKM mendaftarkan produk mereka dalam berbagai macam kategori, di antaranya craft, fashion and accessories, culinary, home decor, furniture, dan coffee and condiments,” ujar perempuan asal Kabupaten Sikka yang sudah lama berdomisili di Labuan Bajo.

Periode pendaftaran untuk UKM telah berlangsung hingga 31 Januari 2022 lalu secara daring. Dari UKM yang telah terdaftar di tingkat propinsi, kemudian dilanjutkan seleksi tingkat nasional.

“BI menyampaikan ucapan selamat kepada Akuinitas karena telah menghasilkan UKM terbanyak dan siap berangkat ke Mandalika. Selain itu ada juga UKM dari Alor, Sikka dan Bajawa,” jelas Kandy Mayangsari.

Baca juga: Indonesia Masuk Negara Penghasil Kopi Terbesar Dunia, Setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia

Tujuh UMKM dari Akunitas Manggarai Barat yang bakal ikut pameran UMKM pada MotoGP Mandalika yakni Cuing Bajo milik Michael Wyang, Komodo Gift Shop (Kandy Mayangsari), Labajo Coffee (Cristine Mayasari), New Eden (Lieta), Kompiang Bajo (Nita), Sibakloang Coffee (Isye Fernandez), dan Bajo Bloom (Ana Fletcher).

Sementara itu tujuh UMKM lainnya yaitu Arabika Flores milik Marselina Walu dari Kabupaten Ngada, La Moringa (Andrea Hartanto), CV Belmopu (Mama Ana), dan Emanuel All Shop (Emanuel) dari Kota Kupang, Kampung Tenun (Emanuel) dari Kabupaten Alor, serta Asdg (Sonya da Gama) dan JB Ethnic (Sherly Irawati) dari Kabupaten Sikka.
antarnews.com

Baca juga: Kronologi Bocah 6 Tahun di Manggarai Dirudapaksa Tetangganya