Puncak Gebyar Bulan Bahasa, SMAK Negeri Ende Selenggarakan Pentas Seni

EXPONTT.COM – SMAKN Ende (Humas) – SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende menyelenggarakan pentas seni dalam puncak kegiatan bulan bahasa bertempat di lapangan SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende (Jumat, 28 Oktober 2022). Kegiatan bulan bahasa yang diselenggarakan dari tanggal 17-28 Oktober ini mengusung tema “Melalui Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Intelektualitas, Kreativitas, dan Spiritualitas Peserta Didik Berlandaskan Bahasa Kasih Allah”. Kegiatan yang diselenggarakan selama bulan bahasa ini meliputi perlombaan, pertandingan voli, Bakti Sosial, pertandingan voli persahabatan dengan MAKN Anaraja dan pentas seni.

Pada kegiatan perlombaan, SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende menyajikan kegiatan seperti lomba debat bahasa Indonesia, cipta dan baca puisi, pidato bahasa Inggris, menyusun renungan, memimpin katekese umat, paduan suara, vokal solo, dan Lomba Cerdas Cermat. Pada bidang olahraga, SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende menyelenggarakan pertandingan voli putra/putri dan pertandingan voli persahabatan. Kegiatan lainnya yang turut dilakukan dalam gebyar bulan bahasa adalah bakti sosial di Stasi St. Arnoldus Yansen-Wolowona dan pentas seni. Kegiatan yang diselenggarakan dalam gebyar bulan bahasa SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende berjumlah 13 kegiatan.

Pada perayaan puncak gebyar bulan bahasa, tanggal 28 Oktober 2022, SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende juga melaksanakan apel memperingati hari sumpah pemuda. Apel dipimpin langsung oleh Kapolsek Ndona, IPDA I Gede Wisna, SH, serta dihadiri oleh Dewan Pendiri SMAK St. Thomas Morus Ende, Yosef Nganggo, Ketua Komite Sekolah, Frans Naga, Kepala SMAK Negeri Ende, Yohanes Devita Son Duri, S.Ag, Para Kepala SMPK dan SMPN wilayah Ndona, Para Guru dan Peserta Didik SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende.

Kepala SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende, Yohanes Devita Son Duri, S.Ag, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende karena telah menyukseskan gebyar bulan bahasa. Menurut Son Duri, momen bulan bahasa harus dimaknai sebagai kesempatan berahmat untuk peserta didik dalam mengekspresikan potensi, bakat dan kemampuannya.

“Melalui momen bulan bahasa, peserta didik akan diberikan panggung seluas-luasnya dalam mengekespresikan potensi, bakat dan kemampuan yang dimiliki. Bulan bahasa adalah kesempatan berahmat untuk peserta didik mengasah talenta yang diberikan oleh Tuhan secara cuma-cuma. Talenta dan karunia yang diberikan oleh Tuhan sudah sepantasnya dijaga, dirawat, dikembangkan agar dapat menjadi berkat untuk kebaikan hidup, karier dan masa depan kita dan orang lain”, ucap Son Duri.

Lebih lanjut Son Duri menegaskan bahwa lembaga SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende secara bertahap dan terencana akan selalu siap memfasilitasi segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam menumbuh kembangkan potensi dan bakat peserta didik. Son Duri berharap agar ke depannya, peserta didik dapat meraih lebih banyak prestasi baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun di tingkat Nasional.

Kegiatan bulan bahasa SMAK Negeri St. Thomas Morus Ende diikuti oleh 368 peserta didik yang dibagi ke dalam 8 kelompok kecil. Setiap kelompok berjumlah 46 orang dengan didampingi oleh 5 guru pendamping. Kegiatan gebyar bulan bahasa ini disiarkan secara live streaming melalui akun youtube SMAKN CHANNEL. ♦ Delon