Update Gempa, Larantuka Sudah Alami 505 Gempa Susulan Hingga Hari Ini

  • Bagikan
ilustrasi gempa

EXPONTT.COM – Hingga pagi ini Kamis 16 Desember 2021, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mengalami gempa susulan sebanyak 505 kali.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono M.Si.

Hanya ada gempa susulan (aftershock) sebanyak 505 hingga pukul 10.00 WITA tadi pagi (di gempa bumi Larantuka, NTT),” kata Daryono, Kamis 16 Desember 2021, dilansir dari kompas.com.

BMKG juga terus mengimbau kepada masyarakat yang terdampak gempa agara tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipetanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Ribuan Warga Sikka Mengungsi di Alam Terbuka, Warga: Kami Trauma Tsunami 1992

Selain itu, BMKG juga mengimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak yang diakibatkan gempa, serta, periksa bangunan tempat tinggal dan memastikan cukup menahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

“Bagi masyarakat di wilayah utara pantai di Flores Timur Bagian Utara, Pulau Sikka, Sikka bagian utara dan Pulau Lembata direkomendasikan dapat kembali ke tempat masing-masing karena peringatan dini tsunami telah diakhiri,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya Kamis 16 Desember 2021.
kompas.com

Baca juga: Polisi Gelar Pra Rekonstruksi Kasus Astri dan Lael, Diperankan Langsung oleh Randy

  • Bagikan