Hari Ini Dalam Sejarah: “Hari Bumi” Pertama Dirayakan

  • Bagikan
hari bumi

EXPONTT.COM – Hari Bumi adalah hari dimana kita meningkatkan kesadaran publik tentang masalah lingkungan dunia, dirayakan pertama kali di Amerika Serikat pada tanggal 22 April 1970.

Jutaan orang Amerika, termasuk mahasiswa dari ribuan perguruan tinggi dan universitas, berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa ini, pawai dan melakukan edukasi di seluruh negeri.

Hari Bumi merupakan gagasan Senator Gaylord Nelson dari Wisconsin, seorang pencinta lingkungan yang gigih yang berharap dapat mempersatukan gerakan lingkungan akar rumput dan meningkatkan kesadaran ekologis.

“Tujuannya adalah untuk mendapatkan demonstrasi nasional tentang kepedulian terhadap lingkungan yang sedemikian besar sehingga akan mengguncang kemapanan politik keluar dari kelesuannya,” kata Senator Nelson, “dan, akhirnya, memaksakan masalah ini secara permanen ke dalam agenda politik nasional.”

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah, Kapal Titanic Tenggelam di Samudra Atlantik

Ide mengenai peringatan tentang bumi dan lingkungan sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1960an, saat itu kesadaran orang-orang tentang lingkungan dan pencemaran meningkat. Buku Rachel Carson Silent Spring tahun 1962, tentang efek pestisida, sering dikutip sebagai awal dari gerakan lingkungan modern di AS kala itu. Keberlanjutan, makanan organik, dan gerakan “back to the land” atau “kembali ke tanah” terus berkembang pesat sepanjang tahun 1960-an.

Hari Bumi pertama memang meningkatkan kesadaran lingkungan di Amerika, dan pada Juli 1970 Badan Perlindungan Lingkungan didirikan oleh perintah eksekutif khusus untuk mengatur dan menegakkan undang-undang polusi nasional Amerika Serikat. Earth Day (dalam bahasa Inggris) juga menyebabkan berlakunya aturan mengenai Air Bersih dan Spesies yang Terancam Punah.

Pada 22 April 1990, peringatan 20 tahun Hari Bumi, lebih dari 200 juta orang di 141 negara berpartisipasi dalam perayaan ini. Senator Nelson dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Presiden Clinton. Gaylord Nelson meninggal pada tahun 2005.

hari bumi
gaylord nelson / foto: bosscha.id

Hari Bumi telah dirayakan pada hari yang berbeda oleh kelompok yang berbeda secara internasional. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi merayakannya pada titik balik musim semi, yang biasanya terjadi sekitar 21 Maret. 2021 adalah Hari Bumi ke-51.

♦history.com

Baca juga: Hari Ini Dalam Sejarah: Bagaimana 420 Jadi Hari Untuk Budaya Ganja

  • Bagikan