Hari Ini Dalam Sejarah: Meledaknya PLTN Chernobyl, Bencana Nuklir Terbesar

  • Bagikan
radiasi chernobyl

EXPONTT.COM –  26 April 1986 di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl di Uni Soviet, Merupakan bencana terburuk dalam sejarah PLTN.

Pembangkit listrik Chernobyl terletak di pemukiman Pripyat, 10 mil (16 km) barat laut kota Chernobyl (bahasa Ukraina: Chornobyl) dan 65 mil (104 km) di utara Kiev, Ukraina.

Stasiun itu terdiri dari empat reaktor, masing-masing mampu menghasilkan tenaga listrik 1.000 megawatt; PLTN itu telah aktif pada tahun 1977.

Ledakan terjadi pada 01:23 dini hari tangal 26 April 1986, setelah teknisi di reaktor Unit 4 mencoba eksperimen. Kesalahan eksperimen menimbulkan reaksi berantai di inti reaktor yang tidak terkendali.

Pekerja mematikan sistem pengaturan daya reaktor dan sistem keselamatan daruratnya, dan mereka menarik sebagian besar batang kendali dari intinya sambil membiarkan reaktor terus berjalan dengan daya 7 persen.

Baca juga: KRI Nanggala-402 Ditemukan, Terbelah Tiga dan Tenggelam di Kedalaman 838 Meter

Beberapa ledakan memicu bola api besar dan meledakkan baja berat dan tutup beton reaktor. Kebakaran yang terjadi di inti reaktor grafit melepaskan sejumlah besar bahan radioaktif ke atmosfer dan terbawa jauh oleh udara. Sebagian inti hancur saat itu juga.

Pada 27 April, 30.000 penduduk Pripyat mulai dievakuasi dan mengatakan ini hanya sementara waktu, sebagai upaya untuk mentutupi kejadian tersebut, tetapi pada 28 April stasiun pemantau Swedia melaporkan tingginya tingkat radioaktivitas yang dibawa angin dan mendesak penjelasan dari pihak pemerintah.

  • Bagikan