Mukbang Adalah Makan Besar, Ternyata Ini Pengertian Mukbang yang Sebenarnya

  • Bagikan
mukbang
ilustrasi mukbang

EXPONTT.COM – Mukbang menjadi salah satu fenomena di media sosial saat ini. Namun tahukah anda arti sesungguhnya dari mukbang?

Pengertian Mukbang

Mukbang adalah sebuah konten makan-makan yang ditayangkan secara daring/online. Kata ini diambil dari bahasa Korea, yaitu Meoknun yang berarti makan dan Bangsong yang memiliki arti siaran. Uniknya dalam konten mukbang makanan yang disajikan selalu dalam porsi yang sangat besar.

Awal Kemunculan Mukbang

Mukbang muncul dari kebiasaan masyarakat Korea Selatan yang cukup miris. Di Korea Selatan, masyarakatnya tidak terbiasa makan sendiri dan siapa saja yang makan sendiri akan dianggap aneh dan tidak punya teman. Dari hal itu maka pilihan terbaik adalah dengan mencari teman makan secara daring. Orang tersebut akan mengadakan live ataupun membuat konten makan dan mengunggahnya di media sosial, seperti yang kita tahu saat ini.

Yang Menarik dari Mukbang

Hal menarik dari konten mukbang adalah porsi makanan yang disajikan selalu dalam porsi yang sangat besar. Tak Hanya itu, para food vlogger tidak jarang menghadirkan makanan-makanan yang bisa terbilang ekstreme dan aneh, seperti serangga, gurita hidup dan banyak lagi.

Tak lupa juga, mukbang pasti tak jauh-jauh dari yang namanya ASMR. Bagi yang belum tahu, ASMR adalah Autonomous Sensory Meridian Response yang artinya bunyi-bunyian yang dianggap menenangkan atau membuat perasaan puas.

Biasanya, dalam konten makan-makan ASMR, para content creator menggunakan microphone khusus supaya suara saat ia mengunyah terdengar sangat jelas.

Siapa sangka, video mukbang di Korea ternyata sangat laku. Hal ini membuat para youtuber mukbang menerima pundi-pundi yang tidak sedikit. Bahkan, mereka bisa menerima sampai ratusan juta setiap bulannya.

  • Bagikan