Brigadir RR Jadi Tersangka Baru Dalam Kasus Tewasnya Brigadir J

Ini Isi Rekaman CCTV di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Brigadir J Sempat Tak Terlihat Selama 1 Jam / foto: detik.com

EXPONTT.COM – Polisi menetapkan tersangka baru dalam kasus tewasnya Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang terjadi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri Brigjen Andi Rian mengatakan tersangka baru tersebut adalah Brigadir Ricky Rizal (RR) yang merupakan ajudan Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi,

“Sudah tersangka dan ditahan di Bareskrim Polri sejak kemarin,” ujar Andi ketika dikonfirmasi, Senin 8 Agustus 2022, melansir cnnindonesia.com.

Baca juga: Bharada E Dijerat Pasal 55 dan 56 KUHP, Masih Ada Tersangka Lain yang Ikut Habisi Brigadir J

Andi menuturkan, penetapan Brigadir RR sebagai tersangka dilakukan penyidik tim khusus berdasarkan kecukupan dari dua alat bukti pembunuhan.

Ia menuturkan polisi menjerat Brigadir RR dengan Pasal 340 KUHP terkait pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua.

“(RR disangkakan) dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP,” jelasnya.

Meski begitum Andi tidak menjelaskan secara detail peran dari Brigadir RR saat insiden pembunuhan Brigadir J.

Baca juga: Randy Badjideh Dituntut Hukuman Mati, Berkas Kasus Ira Ua Belum Lengkap

“Tidak usah tanya perannya, (sudah) ditahan bukan ditangkap lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, polisi telah menetapkan Bharada E sebagai tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J yang terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo. Bharada E dijerat dengan Pasal 338 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 56 KUHP.

Inspektorat Khusus (Irsus) pun telah memeriksa 25 personel Polri terkait dugaan ketidakprofesionalan dalam menangani kasus kematian Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Sambo.

Dua puluh lima personel ini antara lain tiga jenderal bintang satu, lima Kombes, tiga AKBP, dua Kompol, tujuh perwira pertama, serta bintara dan tamtama sebanyak lima personel.

Baca juga: Bus Pengangkut Anggota Polisi Penjaga Aksi Mogok Tarif Pulau Komodo Alami Kecelakaan, 1 Orang Tewas

Selain itu, Mabes Polri memutuskan menempatkan Irjen Ferdy Sambo ke tempat khusus yakni ke Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait kasus penembakan di rumah dinasnya yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Polri menduga Ferdy Sambo melakukan pelanggaran prosedur dalam kasus tersebut. Namun Polri belum menetapkan Sambo sebagai tersangka.

Baca juga:  Jadi Tersangka Penggelapan Sertifikat Tanah, Notaris/PPAT Albert Riwu Kore Ditahan Penyidik Polda