Pernah Jadi Negara Adidaya, Ini 15 Negara Pecahan Uni Soviet

Map Uni Soviet yang terpecah menjadi 15 negara

EXPONTT.COM – Union of Soviet Socialist Republics (USSR) atau sering disebut Uni Soviet pernah menjadi negara adidaya di dunia selain Amerika Serikat.

Namun hal tersebut hanya tinggal sejarah. Negara yang terbentuk pada 1922 harus runtuh pada tahun 1991 dan terpecah menjadi beberapa negara.

Uni Soviet sebelumnya adalah negara federasi sosialis yang terdiri dari 15 negara bagian.

Namun satu per satu negara-negara yang tadinya tergabung dalam Uni Soviet tersebut memecahkan diri dan mendeklarasikan kemerdekaan negaranya masing-masing yang dipicu kebijakan glasnost di Uni Soviet. Hingga pada akhirnya negara Uni Soviet resmi bubar pada 26 Desember 1991.

Berikut 15 negara-negara pecahan Uni Soviet:

1. Rusia

Negara yang memiliki luas wilayah terbesar di dunia ini juga menjadi suksesi negara atau penerus negara Uni Soviet. Ibu kota dari negara Rusia terletak di Moskow. Rusia berbatasan antara Asia dan Eropa karena sangat dekat dengan China bagian utara. Rusia kini menjadi magnet bagi para wisatawan dunia.

2. Estonia

Estonia merupakan salah satu negara bekas pecahan dari Uni Soviet yang telah mendeklarasikan kemerdekaannya pada 20 Agustus 1991. Negara Estonia ini terletak di Laut Batik. Negara ini juga menjadi salah satu negara yang cukup penting dalam organisasi Uni Eropa dan juga NATO.

3. Armenia

Armenia merupakan negara yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada 21 September 1991. Ibu kota dari negara Armenia sendiri adalah Yerevan. Negara ini memiliki iklim cuaca yang dingin sepanjang tahun karena berbatasan dengan gunung dan sama sekali tidak memiliki lautan.

4. Latvia

Negara Latvia terpecah dari Uni Soviet dan mendeklarasikan kemerdekaannya pada 5 September 1991. Letak ibu kota negara Latvia ada di Riga yang memiliki gaya arsitektur klasik dan sampai saat ini masih dipertahankan. Pada abad ke-20, negara ini sempat mengalami perang saudara dengan Rusia dan tergabung dengan NATO.

5. Uzbekistan

Uzbekistan memutuskan untuk merdeka sejak 1 September 1991 dan terpecah dari Uni Soviet. Ibu kota dari negara ini bernama Tashkent. Secara geografis Uzbekistan terletak di benua Asia bagian tengah. Negara ini menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi terbaik untuk berlibur dengan budaya dan aksen yang masih dipengaruhi Rusia.

6. Belarusia

Negara belarus dengan ibu kota yang terletak di Minsk ini telah mendeklarasikan kemerdekaannya pada 25 Agustus 1991. Meskipun termasuk dalam wilayah Eropa Timur, namun negara ini memiliki karakteristik yang berbeda dan iklimnya sedikit lebih hangat daripada negara lainnya yang ada di Eropa Timur.

7. Ukraina

Ukraina Juga merupakan salah satu negara bekas pecahan Uni Soviet yang sudah dinyatakan merdeka pada 24 Agustus 1991. Ibu kotanya berada di Kiev yang menjadi tempat destinasi wisata menarik di negara tersebut.

8. Georgia

Georgia merupakan salah satu negara yang menjadi tempat asal Diktator Joseph Stalin yang sangat melegenda. Negara yang ibu kotanya terletak di Tbilisi ini merdeka pada 9 April 1991. Pegunungan mendominasi wilayah negara ini sehingga terlihat sangat cantik. Namun negara ini juga sempat merasakan atmosfer Perang Saudara dengan Rusia.

9. Kazakhstan

Negara ini menjadi negara terbesar kedua setelah Rusia sebelum terpecah dari Uni Soviet. Kazakhstan sendiri telah mendeklarasikan kemerdekaannya pada 16 Desember 1991. Astana menjadi ibu kota dari negara Kazakhstan dan menjadi kota terbesar di negara tersebut. Negara ini memiliki tata kota yang sangat modern.

10. Turkmenistan

Turkmenistan telah merdeka sejak 27 Oktober 1991 dan menjadi negara penghasil gas alam terbesar di dunia. Negara dengan ibu kota bernama Ashgabat ini memiliki gaya arsitektur kota yang sangat modern.

11. Lithuania

Negara yang ber-ibu kota di Vilnius ini, mendeklarasikan pemulihan kemerdekaan pada 11 Maret 1990 yang menandai pemisahan diri dari Uni Soviet, setelah 46 tahun dibawah pendudukan Uni Soviet.

12. Moldova

Negara yang tidak memiliki akses ke pantai maupun laut ini menyatakan kemerdekaannya pada 27 Agustus 1991. Negara ini terletak di antara Rumania dan Ukraina, di Eropa Timur.

13. Kirgizstan

Negara yang ber-ibu kota di Bishkek ini mendeklarasikan 31 Agustus 1991, meski begitu Kirgizstan baru mendapatkan pengakuannya pada 25 Desember 1991 atau satu hari sebelum Uni Soviet dibubarkan.

14. Azerbaijan

Azerbaijan mendeklarasikan kemerdekaan dua kali pada abad ke-20 dari Kekaisaran Rusia pada 1918 dan sekali lagi pada 1991 dari Uni Soviet.

Setelah tujuh dekade pemerintahan Soviet yang menindas, kemerdekaan Azerbaijan dipulihkan setelah pemungutan suara parlemen pada 30 Agustus 1991.

15. Tajikistan

Negara yang ber-ibu kota di Dushanbe ini mengumumkan kemerdekaan dari Uni Soviet pada 9 September 1991. Saat ini Tajikistan menjadi bagian dari federasi Rusia yang berbatasan dengan Afganistan di selatan, Republik Rakyat Tiongkok di timur, Kirgizstan di utara dan Uzbekistan di barat.