Ini Lima Makanan Pengganti Nasi Putih, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Juga

pengganti nasi putih
nasi merah dan kentang bisa menjadi pengganti nasi putih yang bagus bagi tubuh

EXPONTT.COM – Nasi putih merupakan makanan pokok yang paling digemari di Indonesia. Nasi putih mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi manusia seperti serat, protein magnesium dan zinc. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam nasi putih merupakan sumber energi harian bagi tubuh kita.

Walaupun banyak sumber nutrisi yang baik bagi tubuh ternyata, nasi putih mengandung indeks glikemik tinggi yang membuat nasi putih mudah dan cepat untuk terpecah menjadi gula yang akan terserap  tubuh.

Jika kita mengkonsumsi terlalu banyak nasi putih, maka kadar glukosa darah bisa naik dan itu merupakan hal yang berbahaya bagi orang yang memiliki penyakit diabetes.

Untuk membantu menghindari hal tersebut anda bisa mengkonsumsi karbohidrat pengganti nasi putih.

Dilansir dari sariagri, inilah lima makanan pengganti nasi putih.

1. Nasi Beras Cokelat

Nasi beras coklat mengandung karbohidrat kompleks yang terkenal lebih baik dari karbohidrat sederhana.

Dalam pengolahannya, waktu penggilingan beras coklat lebih singkat dari pada beras putih, hal ini membuat lapisan bekatul masih ada yang tertinggal pada beras dan hal ini membuat beras cokelat memiliki warna, tekstur serta rasa yang berbeda. Lapisan bekatul yang tersisa itu yang dipercaya mengandung sejumlah manfaat bagi kesehatan.

2. Roti Gandum Utuh

Memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari nasi putih, roti gandum utuh bisa membantu mengontrol gula darah kamu agar tidak cepat naik. Selain itu roti gandum membuat perut kenyang lebih lama.

Selain itu, mengonsumsi gandum utuh dapat mengurangi risiko terhadap penyakit kronis seperti penyakit gula darah dan penyakit jantung.

3. Oat

Oat termasuk dalam gandum utuh yang bila dikonsumsi dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit gula darah, kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, serat yang terkandung dalam oat sangat bagus untuk membantu sistim pencernaan dan menurunkan resiko kolesterol, penyakit jantung hingga obesitas atau kelebihan berat badan.

4. Nasi Merah

Seperti Nasi beras cokelat, nasi merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang lebih baik dari karbohidrat sederhana.

Nasi merah dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

Nasi merah mengandung pati dan indeks glikemik rendah yang baik untuk menjadi pilihan makanan pengganti nasi bagi penderita diabetes.

5. Kentang

Bagi anda yang sedang melakukan diet, anda mungkin harus mencoba kentang sebagai pengganti nasi. Kalori dalam kentang lebih rendah dari pada nasi putih.

Kentang juga mengandung serat lebih tinggi, apalagi jika dimakan dengan kulitnya. Pasalnya, kulit kentang dapat menambah kandungan seratnya.