Wajib Diketahui, Inilah Jam Piket Organ Anda

  • Bagikan

EXPONTT.COM – Ternyata, tidak hanya rutinitas kita saja yang mempunyai jam piket, organ tubuh kita pun memiliki jam piket (jam biologis) yang menentukan frekuensi kerja oragan-organ tubuh kita. Dalam satu hari, ada saatnya kita harus makan dan ada saatnya pula kita harus istirhat atau beraktivitas.

Piket-piket semacam ini disesuaikan dengan kondisi kerja organ tubuh dalam jam-jam tertentu sebagai petunjuk bagi kita, sehingga kita tidak sembarangan dalam melakukan aktivitas.

Misalnya, pada jam 11.00-13-00, kerja organ jantung kita akan menguat. Maka, untuk memperkuat jantung kita, kita harus beristirahat. Pada jam 23.00-01.00, kerja organ jantung kita melemah. Jika sudah sampai pada jam tersebut, harusnya kita sudah beristirahat atau tidur. Apabila kita masih terus bekerja atau begadang, hal tersebut dapat melemahkan fungsi jantung kita. Di luar jam-jam itu, jantung kita bekerja biasa-biasa saja. Saat jantung kita bekerja biasa-biasa saja, kita boleh melakukan aktivitas apapun.

Pada zaman yang serba maju seperti sekarang, kita semakin disibukkan dengan berbagai rutinitas, sehingga kita lupa terhadap kesehatan tubuh. Seolah-olah tidak ada sekat antara waktu makan, tidur, istirahat, bekerja, olahraga, dan sebagainya. Dengan jadwal yang kacau balau seperti itu organ-organ tubuh kita tentu akan berontak. Mengapa? Sebab, secara ajaib ternyata organ-organ tubuh kita bekerja pada waktunya sendiri-sendiri. Atau dengan kata lain, semua organ tubuh memiliki jam piket sendiri-sendiri.

Dengan mengetahui jam piket organ tubuh, akan memberikan tuntunan bagi kita untuk mempunyai pola makan dan pola hidup yang baik. Jam piket organ-organ vital  tubuh kita meliputi  lambung, limpa, ginjal, hati, paru-paru, usus besar, dan jantung. Sehingga kita bisa membuat pengaturan dalam menentukan aktivitas kesehariam kita. Penuhilah jam piket organ tubuh kita. Sebab akan ada biaya yang harus kita bayar dari setiap pelangaran yang kita lakukan.

Lantas, seperti apa jadwal piket organ-organ tubuh kita? Pada jam berapa sajakah organ-organ tubuh kita, seperti lambung, limpa, ginjal, hati, paru-paru, usus besar, dan jantung, kuat atau pun lemah? Dan aktivitas apa saja yang seharusnya dilakukan pada jam-jam tersebut? Berikut ini jam piket organnya.

Pukul 07.00-09.00

Lambung sedang bekerja secara makasimal. Awali dengan air hangat baru minumlah jus sebelumsarapan pagi, saat perut masih kosong, sehingga zat yang berguna dapat diserap tubuh. Jangan lewatkan makan pagi untuk proses pembentukan energi sepanjang hari. Pada jam ini, selaput jantung sedang bekerja secara minimal.

Pukul 09.00-11.00

Limpa sedang bekerja secara maksimal menstransportasi cairan nutrisi untuk energi pertumbuhan. Bila pada jam-jam ini timbul rasa ngantuk, berarti fungsi limpa lemah. Kurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani. Pada jam ini, organ tiga pemanas sedang bekerja secara minimal.

Pukul 11.00- 13.00

Jantung bekerja secara maksimal. Sebaiknya beristirahat, hindari panas, olah fisik, dan timbulnya emosi, terutama pada penderita gangguan pembuluh darah. Pada jam ini kandung empedu sedang bekerja secara minimal.

Pukul 13.00-15.00

Hati sedang bekerja secara minimal. Saat ini darah merah berkumpul dalam organ hati dan terjadi proses regenerasis sel hati. Bila fungsi hati kuat, tubuh kuat menangkal semua penyakit. Pada jam ini usus kecil sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 15.00-17.00

Paru-paru sedang bekerja minimal. Tubuh perlu istirahat untuk proses pembuangan racun dan pembentukan energi paru-paru. Pada jam ini kantong kemih justru sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 17.00-19.00

Ginjal sedang bekerja secara maksimal. Sebaiknya jam-jam ini digunakan untuk belajar karena sedang terjadi proses “pertumbuhan” otak dan kecerdasan serta pembentukan sumsum tulang. Usus besar sedang bekerja secara minimal.

Pukul 19.00-21.00

Lambung sedang bekerja secara minimal. Hindari konsumsi makanan yang sulit dicerna atau berhenti makan sama sekali. Pada jam ini selaput jantung bekerja secara maksimal.

Pukul 21.00-23.00

Limpa sedang bekerja secara minimal karena terjadi proses pembuangan racun dan regenerasi sel limpa. Sebaiknya istirahat sambil mendenganrkan musik yang menenangkan jiwa untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pada jam ini organ tiga pemanas sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 23.00-01.00

Jantung sedang bekerja secara minimal. Sebaiknya Anda tidur. Terus bekerja atau begadang dapat melemahkan fungsi jantung. Pada jam ini, organ kandung empedu sedang bekerja secara maksimal.

Pukul 01.00-03.00

Hati sedang bekerja secara maksimal karena terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Bila ada luka dalam, akan terasa sakit. Pada jam ini, usus kecil sedang bekerja minimal.

Pukul 03.00-05.00

Paru-paru sedang bekerja secara makasimal karena terjadi proses pembuangan racun. Bila fungsi paru-paru terganggu akan memicu batuk dan bersin-bersin. Sebaiknya lakukan olah napas agar energi paru-paru lebih sehat dan kuat. Pada jam ini kantong kemih sedang bekerja secara minimal.

Pukul 05.00-07.00

Usus besar sedang bekerja secara maksimal. Biasakan buang air besar secara teratur. Pada jam ini organ ginjal sedang bekerja secara minimal. ♦ terapisehat.com

  • Bagikan