Ada Lagi Varian Baru Covid: Deltacron!

EXPONTT.COM – Peneliti dari Siprus menemukan varian baru Covid-19, yakni deltacron. Varian baru ini disebut memiliki karakteristik mirip dengan omicron namun berada dalam genom varian delta.

Profesor ilmu biologi di Universitas Siprus Leondios Kostrikis mengatakan dia dan timnya telah menemukan 25 kasus yang mirip dengan varian baru tersebut.

“Varian ‘Deltacron’ lantaran karakteristik diyakini mirip dengan Omicron, tetapi berada di dalam genom Delta,” kata Kostrikis, mengutip detikcom, Minggu 9 Januari 2022.

Baca juga: Peneliti: Varian Omicron Kemungkinan Berasal Dari Tikus

Hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi apakah ada lebih banyak kasus yang bisa muncul atau seperti apa dampaknya.

“Kita akan melihat di masa depan apakah strain ini lebih patologis atau lebih menular atau apakah akan menang melawan dua strain dominan, Delta dan Omicron,” kata dia.

Namun demikian, dia meyakini bahwa varian baru ini akan menyusul varian omicron.

Baca juga: Dinyatakan Belum Lengkap, Jaksa Kembalikan Berkas Kasus Pembunuhan Astri dan Lael

Saat ini, para peneliti tersebut telah mengirim temuan mereka minggu ini ke GISAID, database internasional yang melacak virus.

Munculnya varian deltacron ini muncul di saat penyebaran omicron sedang tinggi di seluruh dunia. Penyebaran omicron yang memiliki karakteristik sangat cepat ini telah menyebabkan meningkatnya penyebaran kasus baru di banyak negara di dunia.

Di Indonesia, mengacu pada data Kementerian Kesehatan per Jumat 7 Januari 2022, telah terdapat 318 kasus akibat varian baru ini. Sebanyak 295 kasus impor dan 23 kasus transmisi lokal. ♦ cnbcindonesia.com

Baca juga: Tekan Pungli dan Kekerasan, Polri Wajibkan Anggota Pasang Kamera Tubuh