Lama Tidak Bersekolah 11 Siswa SMP di Bone Menikah

bone sulawesi selatan

EXPONTT.COM – Di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan 11 siswa SMP memilih untuk menikah karena kelamaan tidak bersekolah.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou membenarkan pernyataan tersebut. Dia menyebut siswa itu menikah muda saat pandemi Covid-19 disebabkan tidak adanya kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Kita menemukan di banyak tempat, karena terlalu lama tidak ada pembelajaran di sekolah membuat banyak kejadian yang memilukan,” pungkasnya, Rabu 7 April 2021

Didalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan usia pernikahan sudah diatur minimal 19 tahun.

Baca juga: Mabuk, Mantan Ketua DPRD TTS Diduga Lecehkan Seorang Nakes

Baca juga: MUI: Swab Test Tidak Membatalkan Puasa

Mereka kawin muda, padahal itu tidak boleh. Ada 11 siswa SMP di Bone Bolango ini sudah kawin,” tambahnya.

Hamim mengaku khawatir jika pembelajaran tatap muka di sekolah tidak kunjung bergulir akan terjadi lebih banyak terjadi “pernikahan dini”

Selain itu bisa saja muncul masalah baru seperti perempuan yang melahirkan tanpa mengetahui siapa ayah sang anak.

Tidak ada tanggung jawabnya. Mereka hanya pukul lari atau coba-coba dan sebagainya,” pungkas Hamim.

Kekhawatiran lainnya adalah akan menurunya kualitas sumber daya manusia (SDM) karena sudah terlalu lama tidak menjalankan kegiatan belajar tatap muka.

Makanya saya ingin kita di sini bisa berembuk dan bagaimana sikap Pemda terkait rencana pembukaan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi Covid-19 ini. Tentu yang utama adalah tetap mengedepankan dan memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya.

Sebagi Informasi di DKI Jakarta baru mulai melakukan uji coba sekolah tatap muka per 7 April 2021. Dari total 100 sekolah yang direncanakan buka, pada akhirnya hanya 85 sekolah yang berhasil lolos proses verifikasi dan dinyatakan layak.♦ussfeed.com

Baca juga: 7 Hari Terisolir, Korban Bencana di Kabupaten Kupang Akhirnya Terima Bantuan