Bukan Hanya Kapolda NTT, Ini Daftar 7 Kapolda yang Dimutasi

  • Bagikan

EXPONTT.COM – Tercatat tujuh perwira Polri yang menjabat Kapolda dimutasi. Hal itu merupakan keputusan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Keputusan ini diteken dalam Surat telegram bernomor ST/2568/XII/KEP.2021 oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Wahyu Widada pada Jumat 17 Desember 2021.

Dalam surat tersebut, tertulis mutasi pada sejumlah Kapolda dilakukan karena memasuki masa pensiun dan dalam rangka rotasi.

“Ya benar, proses mutasi secara alamiah yang pensiun dan tour of duty and tour of area serta penyegaran,” Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu 18 Desember 2021.

Baca juga: Kapal Motor Terbakar di Alor, 4 Orang Alami Luka Bakar Dilarikan ke Rumah Sakit

Diketahui, Kapolri menerbitkan empat surat telegram mutasi dan rotasi sejumlah pejabat tinggi (pati) dan penjabat menengah (pamen) di instansi Polri.

Total sebanyak 660 orang perwira Polri yang dirotasi dan mutasi.

Dilansir dari kompas.tv, berikut daftar tujuh Kapolda yang dimutasi:

1. Kapolda Bengkulu Irjen Pol Guntur Setyanto dimutasi dari jabatannya sebagai Perwira Tinggi Bareskrim Polri dalam rangka memasuki usia pensiun. Ia digantikan Irjen Pol Agung Wicaksono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Irwasum Polri.

2. Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dimutasi menjadi Pati Sahli Kapolri juga karena akan pensiun. Jabatannya diiisi Irjen Pol Lotharia Latif yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTT.

Baca juga: Kapolda NTT Dimutasi di Tengah Viralnya Kasus Kematian Astri dan Lael

3. Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif dimutasi pada jabatan baru menjadi Kapolda Maluku. Jabatan Kapolda NTT akan diisi oleh Brigjen Setyo Budiyanto yang sebelumnya menjabat Pati Bareskrim Polri dalam penugasan di KPK.

4. Kapolda Kaltim Irjen Herry Rudolf Nahak dimutasi menjadi Kepala Sekolah Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kasespim Lemdiklat) Polri. Penggantinya yakni Irjen Imam Sugianto yang sebelumnya menjabat Asops Kapolri.

5. Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi kini diangkat menjadi Asops Kapolri. Kapolda Riau kini dijabat oleh Irjen Pol Muhammad Iqbal yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTB.

6. Kapolda NTB yang baru adalah Brigjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

7. Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri dimutasi dari jabatannya menjadi Kepala Divisi Hukum Polri. Adapun penggantinya akan diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro yang sebelumnya menjabat Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.
kompas.tv

Baca juga: Ini Sosok Brigjen Pol Setyo Budiyanto, Kapolda NTT yang Baru

  • Bagikan