Jokowi Ulang Tahun ke-61, Sosok Sederhana yang Tak Biasa Rayakan Ulang Tahun

Jokowi saat mengunjungi NTT, ditemani Gubernur NTT Viktor Laiskodat

EXPONTT.COM – Hari ini, Rabu 21 Juni 2022 merupakan salah satu hari istimewa bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tepat hari ini mantan Wali Kota Solo itu genap berusia 61 tahun.

Meski bagitu, Jokowi sendiri mengaku tak terbiasa merayakan hari kelahirannya dengan menyelenggarakan acara besar.

Hal tersebut pernah disampaikannya pada saat momen ulang tahunnya yang ke 60, satu tahun lalu. Momen tersebut sempat ia bagikan melalui akun Instagram pribadinya.

Baca juga:Fraksi Hanura DPRD NTT Desak Pemda NTT Sikapi Pembentukan Propinsi Kepulauan Flores

“Seperti tahun-tahun yang silam, saya tak terbiasa merayakan hari ulang tahun sendiri. Apalagi sekarang, di tengah negeri ini sedang membutuhkan kerja keras kita semua untuk bersama-sama keluar dari pandemi,” kata Jokowi kala itu.

Meskipun Jokowi yang merupakan sosok sederhana tak pernah merasa hari ulang tahunnya spesial, banyak yang memberikannya ucapan selamat ulang tahun kepada Jokowi.

Mulai dari jajaran menteri, pimpinan negara sahabat, sampai dengan masyarakat.

“Selamat ulang tahun bapak Presiden RI @jokowi yang ke 61 tahun. barakallah fii umrik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca juga:Gagal Nikah, Wanita di Kota Kupang Gugat Pacar Rp 1 Miliar

Pada momen ulang tahunnya, Jokowi dipastikan akan tetap berkegiatan seperti biasa. Berdasarkan informasi yang dihimpun, Jokowi dikabarkan akan meresmikan pembukaan Rakernas II PDIP di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan Jakarta.

Jokowi merupakan putra sulung dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Jokowi lahir dan besar di Surakarta, Jawa Tengah

Jokowi menikah dengan Iriana di Solo pada tahun 1986 dan dikaruniai tiga orang anak yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Jokowi juga sudah memiliki tiga orang cucu yakni Jan Ethes Sri Narendra, Sedah Mirah, dan La Lembah Manah.

Karir Jokowi bermula dari seorang pengusaha mebel. Lulusan Universitas Gadjah Mada itu kemudian mengawali karir pemerintahannya sebagai Wali Kota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden hingga saat ini.

Baca juga:Sidang Berakhir Ricuh, Hadirin Teriakan Hukum Mati Randy Badjideh