LKP Surya Perdana Ruteng Siap Cetak Tenaga Terampil di Bidang Komputer

LKP Surya Perdana Ruteng / foto: tribunnews.com

EXPONTT.COM – Pendidikan tinggi menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan, namun tidak semua masyarakat dapat menikmati kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi.

Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) yang dicanangkan oleh Kemdikbudristek RI menjadi salah satu solusi masyarakat untuk dapat memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu serta memiliki kompetensi untuk siap masuk ke dunia kerja dan industri.

Program PKK adalah program layanan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada pengembangan keterampilan kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri, diberikan kepada peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi untuk bekerja dan terserap di dunia usaha dan industri (DU/DI).

Baca juga:Klarifikasi 2 Perawat di Sikka Terkait Foto dan Video Bugilnya Viral di Media Sosial

Salah satu penguasaan program dasar komputer adalah kemampuan mengoperasikan Program Aplikasi Perkantoran menjadi salah satu syarat harus dikuasai oleh tenaga operator dan administrasi perkantoran.

LKP Surya perdana bermitra dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dan DUDI merupakan Lembaga Kursus dan Pelatihan di Kabupaten Manggarai yang telah Terakreditasi dan meluluskan tenaga operator komputer muda siap pakai yang berkompeten dan memiliki Sertifikat Kompetensi yang diuji oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) di bawah Kemdikbudristek RI.

LKP Surya Perdana beralamat di Jln. Diponegoro no. 12 Kelurahan Watu, Kec Langke Rembong, Kabupaten Manggarai ini sudah berdiri sejak tahun 2009.

Selain memiliki segudang prestasi pada setiap lomba Instruktur dan Pengelola lembaga kursus dan pelatihan salah satunya pada peringatan Hari Aksara Internasional (HAI), lembaga ini juga telah mencetak sekitar 2500 lulusan yang saat ini sdh tersebar di berbagai IDUKA.

Baca juga:Tak Terima Ditegur Karena Ribut di Kelas, Siswa SMAN 9 Kota Kupang Aniaya Guru

Fransisca Yayuk Widianita adalah pengelola LKP Surya Perdana ingin menyiapkan generasi muda manggarai yang memiliki skill, knowledge dan attitude yang terukur dan teruji yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi.

Yayuk menambahkan tujuan dari berdirinya lembaga ini juga untuk mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya terampil tetapi juga memiliki sikap kerja, karakter dan mentalitas yang baik.

“Pendidikan karakter bagi peserta didik benar-benar menjadi penekanan utama di lembaga ini”, Jelas Yayuk kepada media ini Rabu 21 September 2022.

Kami juga memiliki Kesepakatan Kerjasama dengan DUDI agar lulusan bisa terserap ke industri salah satu langkah yang diambil guna membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

Baca juga:Gara-Gara Surat Rujukan, Bayi di Manggarai Timur Meninggal Saat Persalinan

“Mempersiapkan generasi muda agar punya kompetensi dan keahlian untuk masuk ke dunia kerja. Kedepan dunia IT semakin maju, setidaknya anak-anak dari segi teknologi mereka punya basic IT.”,Ujar Widianita menambahkan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Fransiskus Gero dalam kunjungan ke LKP Surya Perdana mendukung penuh kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga ini. LKP Surya Perdana merupakan lembaga binaan Dinas PPO Kabupaten Manggarai Bidang Pendidikan Non Formal (PNF)

“Kita mendukung seluruh upaya-upaya membangun kualitas sumber daya manusia termasuk LKP ini karena sudah membantu generasi kita dalam kecakapan diri kedepan.”, Ungkap Kadis Frans Gero.♦Nestor Madi

Baca juga:Pemkab Manggarai Segera Buka Seleksi Eselon II B Tahun 2022