Video Viral Siswi SMA di Kupang Pesta Miras, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Tegur Kepala Sekolah

tangkapan layar video viral pesta miras siswi SMA
tangkapan layar video viral pesta miras siswi SMA

EXPONTT.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan teguran keras kepada Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Kupang dan Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kupang.

Teguran tersebut diberikan usai viral sebuah video yang menunjukan sejumlah siswi yang menenggak minuman keras di area sekolah lengkap dengan seragam masing-masing.

Saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, telah menegur keras dua kepsek atas kejadian tersebut,” kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi pada 14 Januari 2022 pagi, dilansir dari kompas.com.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Beruntun di Jalan Timor Raya, Dua Angkot Ugal-ugalan

Linus menyampaikan, pihaknya telah menggelar rapat terpadu bersama para kepala sekolah SMA dan SMK serta pembina OSIS se-Kota Kupang.

Rapat itu dipandu Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Matias Beeh dan didampingi para pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan SMK se-Kota Kupang.

Dalam rapat terpadu itu disepakati sejumlah hal, salah satunya yakni memperkuat wadah ikatan pembina OSIS untuk forum komunikasi antarpembina.

Selain hal itu, rapat juga membahas mengenai menghadirkan para pemuka agama dalam kegiatan OSIS serta membentuk media sosial yang mengedukasi para siswa dalam perilaku dan pembentukan karakter.

Baca juga: Masih Menunggu Petunjuk Dinkes NTT, Dinkes Kota Kupang Belum Mulai Vaksin Booster

Linus berharap, kejadian tersebut tak terulang lagi. Ia juga meminta sekolah memperkuat kembali peran semua wakil kepala sekolah dan guru bimbingan penyuluhan sekolah agar membentuk dan menyadarkan para siswa.

Sebelumnya, viral sebuah video berdurasi 11 detik yang menunjukan sejumlah siswi dan siswa SMA/SMK di Kota Kupang yang menggelar pesta miras dan merokok di sebuah ruang kelas. Video tersebut menyebar disejumlah grup Whatsapp.

Dalam video itu, terlihat tiga orang siswi sedang duduk sambil mengisap rokok, sedangkan satu siswi, sambil merokok, menuang minuman keras dalam botol bekas air mineral ke gelas dan diberikan kepada tiga siswa lain yang berdiri.

Menurut keterangan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, peristiwa itu terjadi pada Selasa 11 Januari 2022 di SMKN 2 Kupang. Sebanyak tiga siswa berasal dari SMAN 8 dan tiga siswi dari SMKN 2.
kompas.com

Baca juga: Terlambat Dilarikan Ke RS, Balita di Maumere Meninggal Dunia Karena DBD