Wali Kota Kupang Sebut Pembangunan Bendungan Kolhua Akan Segera Terealisasi

wali kota kupang
Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore

EXPONTT.COM – Rencana pembangunan Bendungan Kolhua untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) masih terus dipersiapkan pemerintah pusat dan daerah, hal tersebut disampaikan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore.

“Rencana pembangunan Bendungan Kolhua terus dipersiapkan, perkembangan terkini masih ada penyesuaian rancangan atau desain,” kata Jefri di Kupang pada Sabtu 15 Januari 2022.

Bendungan Kolhua merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dialokasikan Pemerintahan Joko Widodo untuk NTT pada masa kepemimpinan Almarhum Frans Lebu Raya.

Baca juga: Siswi SMP di Kupang Dirudapaksa Ayah Temannya Usai Belajar Bersama

Namun kelanjutan rencana pembanguna bendungan tersebut tidak berjalan akibat permasalahan lahan yang tak kunjung selesai.

Jefri Riwu Kore mengatakan, pada April 2021 lalu, tim dari kementerian terkait telah bertemu dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat untuk membahas terkait kelanjutan rencana pembangunan Bendungan Kolhua.

“Gubernur sudah memberikan lampu hijau atau sudah menyetujui untuk pembangunan Bendungan Kolhua dan suratnya sudah ada,” katanya.

Baca juga: Kronologi Truk Terjun dari Jembatan di Sumba Timur, Sopir Diduga Mengantuk

Dirinya mengaku optimis dengan rencana pembangunan Bendungan Kolhua, meskipun kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Hermanus Man akan berakhir pada bulan Agustus 2022 namun rencana pembanguan bisa terealisasikan.

“Kami sudah menyiapkan negosiasi-negosiasi dan juga dokumen terkait untuk dikerjakan selanjutnya,” katanya.

Riwu Kore menambahkan jika pembangunan Bendungan Kolhua terealisasi maka persoalan kesulitan air bersih di Kota Kupang dapat teratasi.
antaranews.com

Baca juga: Kecelakaan Maut di Kupang, Pengendara Motor Meninggal, Dua Anaknya Selamat