Kota Kupang Masuk Wilayah Dengan Udara Terbersih di Indonesia Versi IQAir

Kota Kupang Masuk Wilayah Dengan Udara Terbersih di Indonesia Versi IQAir
Kota Kupang Masuk Wilayah Dengan Udara Terbersih di Indonesia Versi IQAir

EXPONTT.COM – Kota Kupang masuk dalam daftar wilayah dengan kualitas udara terbersih menurut indeks kualitas udara IQAir.

Kota karang, julukan Kota Kupang, meski terkenal dengan suhu panasnya, namun memiliki udara yang tergolong bersih dan berkualitas. Hal tersebut ikut membantu kesehatan.

Sebaliknya, jika tinggal di wilayaj dengan udara tercemar dapat beresiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan.

Baca juga:Waspadai Hepatitis Akut, Pemkot Kupang Ingatkan Warga Jaga Kebersihan

Indeks kualitas udara biasa dikenal dengan AQI atau Air Quality Index.

Untuk melihat daerah dengan kualitas udara terbaik, bisa dipantau di laman IQAir. Anda bisa tahu wilayah mana saja di Indonesia yang memiliki kualitas udara yang baik. Berikut 5 kota dengan kualitas udara terbaik di Indonesia versi IQAir per Selasa (10/5/2022):

1. Kuta, Bali

Kota yang satu ini memiliki indeks kualitas udara atau AQI hanya 1. Artinya, pencemaran udara di wilayah ini sangat minim. Nilai polutan utama di Kuta, Bali pun sangat kecil yaitu PM2,5 yang mana itu memenuhi nilai panduan kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga:Gubernur VBL: Kita Serahkan Penuh Pada Aparat Hukum

2. Tanjung Palas, Kalimantan Utara

Kota kedua dengan indeks kualitas udara terbaik di Indonesia adalah di Tanjung Palas, Kalimantan Utara. AQI di kota ini tercatat di level 4. Wilayah ini diketahui masih cukup asri dan berada di kawasan pegunungan namun dekat juga dari pantai. Mungkin, itu yang membuat Tanjung Palas punya kualitas udara yang baik.

3. Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Daerah perbukitan yang satu ini tercatat AQI-nya di level 7. Status warnanya di IQAir pun hijau yang menandakan bahwa Tanjungpinang, Kepulauan Riau, punya kualitas udara yang baik. Namun, bicara soal polutan utama, nilainya PM10 yang terbilang tidak cukup baik.

Baca juga:Pria di Belu Bertahun-tahun Setubuhi Keponakannya yang Yatim Piatu

4. Ambon, Maluku

Wilayah Indonesia bagian Timur pun masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terbaik. Ambon, Maluku, mencatat AQI di level 9. Bicara soal nilai polutan utama, Ambon ada di PM2,5 yang artinya polusi udara di sana sangat kecil.

5. Kupang, NTT

Masih di Indonesia bagian timur, nama kota lain yang memiliki kualitas udara terbaik adalah Kupang, Nusa Tenggara Timur. AQI di Kupang tercatat di level 10. Sama dengan Tanjungpinang, Kupang pun punya level polutan utama di PM10.

Baca juga:Rumah Adat di Ende Terbakar, 1 Penghuni Meninggal Dunia