Wakil Walikota lepas 159 Calon Jamaah Haji

Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man melepas 159 Calon Jamaah Haji

Sebanyak 159 Jamaah Haji asal Kota Kupang, resmi dilepas oleh Pemkot, Selasa 23 Agustus 2016. Pelepasan oleh Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man di lantai 1 Balaikota Kupang ditandai dengan pengalungan selendang kepada perwakilan calon jamaah haji.
“Saya yakin bahwa ini merupakan perjalanan yang diridhoi oleh Tuhan, sebuah perjalanan yang suci,” ucap Wakil Walikota saat menyampaikan sambutan dihadapan para calon haji dan tamu undangan yang hadir. Menurutnya urusan Haji merupakan salah satu tugas pokok Pemerintah, termasuk Pemerintah Kota Kupang. “Karena itu kita semua bersyukur 159 calon Haji yang akan diberangkatkan 2 hari lagi ini, sudah dinyatakan siap” ujarnya.
Wawali menyebutkan persiapan yang dilakukan yaitu siap biaya dan yang terpenting siap mental dan rohani spiritual. Hal lainnya yaitu mempersiapkan kesehatan jasmani dan juga telah mengikuti manasik secara lengkap. Disampaikan perlunya mengikuti manasik secara sungguh-sungguh karena dalam beribadah akan berhadapan dengan berjuta Jamaah dari seluruh dunia. “Prosedur-prosedur dan tata caranya harus diikuti dengan baik dan benar sehingga dikatakan mambrur. Supaya lengkap,” ujarnya.
Wawali atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Kupang berharap agar seluruh proses haji berjalan dengan baik dan yang kedua dapat kembali dalam keadaan sehat dan selamat ke tanah air pada awal Oktober. Beliau mengingatkan perjalanan ini bukan merupakan suatu perjalanan biasa saja, bukan jalan-jalan biasa tetapi perjalanan rohani yang tentu nilainya tidak hanya di dunia tetapi di akhirat. Untuk itu agar niat yang baik ini dilengkapi dengan ikut serta dalam setiap proses yang ada.
Terhadap kesehatan para calon jamaah haji, Wawali minta agar semuanya mendapatkan vaksinasi dan bila ada kendala terhadap itu agar segera diatasi. Menurutnya koordinasi vaksinasi penting terhadap hepatitis dan penyakit-penyakit lainnya. “Karena disana jamaah calon haji akan bertemu dengan semua orang dari seluruh dunia, yang mungkin kondisi kesehatannya lebih rendah dari kita,” katanya. Menutup sambutannya, Wawali menyampaikan peranan Pemerintah Kota dalam koordinasi tiket untuk perjalanan Kupang-Surabaya, Surabaya-Kupang akan ditanggung biayanya oleh Pemerintah Kota dalam APBD sebanyak Rp.350 juta.
Dilaporkan panitia dari Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, peserta calon jamaah haji dari Kota Kupang sebanyak 159 orang terdiri dari laki-laki 64 orang dan perempuan 95 orang. Mereka telah mengikuti manasik haji selama kurang lebih 5 bulan dari Januari sampai Juni 2016. Dijadwalkan para calon jamaah haji yang tergabung dalam kloter 48 berangkat dari  Bandara El-tari Kupang menuju Asrama Haji Embarkasi Sukolilo Surabaya pada Jumat (26/08) dan selanjutnya menuju Jeddah (Arab Saudi) dari bandara Juanda Surabaya pada Minggu (28/08). Sedangkan pemulangan ke Indonesia pada 8 Oktober 2016 mendatang melalui bandara Juanda Surabaya dan menuju Kota Kupang pada 10 Oktober 2016. ♦ hum@s