Meriah, Festival Budaya Kelurahan Oepura Diikuti Anak-anak Hingga Lansia

Festival budaya Kelurahan Oepura / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia, Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, menggelar Lomba dan Pagelaran Seni Budaya dan UMKM.

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Kupang, Frengky Amalo, dalam sambutannya mengapresiasi Kelurahan Oepura yang melaksanakan Lomba dan Pagelaran Seni Budaya dan UMKM yang dilakasanakan Kelurahan Oepura.

Dirinya mengatakan, kebudayaan yang ditinggalkan nenek moyang selalu meninggalkan nilai-nilai positif. “Jadi anak-anak harus mengenal budaya NTT dan harus bisa,” katanya.

Baca juga: Julie Laiskodat Akui Pernah Kirim Surat Protes ke Malaysia Imbas Motif Tenun NTT Diklaim

Dirinya mendukung keberlanjutan kegiatan tersebut untuk diadakan di tahun-tahun selanjutnya.

Ketua Panitia Lomba dan Pagelaran Seni Budaya dan UMKM, Tony Rona, menyebut kegiatan tersebut dilaksanakan 24 hingga 25 Agustus 2023.

Lomba dan pagelaran seni budaya, UMKM / foto: Gorby Rumung

Sejumlah lomba dilaksanakan dalam peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, diantaranya, lomba fashion show, tarik tambang, makan kerupuk, gigit sendok dan lomba membaca teks prokalamasi yang diikuti lebih dari 300 peserta dari warga dari 14 RW dan sekolah dasar di Kelurahan Oepura.

Baca juga:Hary Tanoesoedibjo Dorong Jefri Riwu Kore Calon Gubernur NTT 2024

Selain lomba, peringatan kemerdekaan di kelurahan Oepura juga di meriahkan tarian Padoa yang diperagakan warga kelurahan Oepura dan tarian Lufut yang diperagakan murid SD Imanuel Oepura.

Dorce Kana-Ayal, salah satu peserta lomba pembacaan teks prokalamasi mengaku sangat sangat senang dengan perlombaan yang diaadakan.

Dirinya menyebut, lomba yang diadakan menumbuhkan kembali semangat para muda para lansia dan pastinya akan menumbuhkan rasa nasionalisme bagi para generasi penerus.

Baca juga: Pernikahan Tak Direstui Keluarga, Wanita di Kota Kupang Nekat Minum Racun

“Kita rasa senang, kita bisa ingat masa lampau dimana para pahlawan yang telah berjuang mati-matian untuk kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Dirinya berharap lomba serupa bisa diselenggarakan setiap tahunnya. “Karena di usia yang lansia ini, semangat kita para lansia bisa bangkit kembali,” pungkasnya.

Anggota DPRD Kota Kupang, Djuneidi Cornelis Kana, mengapresiasi kegiatan festival budaya dan UMKM yang dilaksanakan pemerintah dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI.

Baca juga: Melaju Untuk Indonesia Maju, Mangkraknya Proyek Air Bersih

“Kegiatan ini tentu akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan cinta tanah air antara sesama masyarakat di Kota Kupang,” kata politisi Partai Demokrat itu.

Eldi mengaku siap mendukung program ini untuk dilaksanakan di tahun-tahun mendatang.

“Tahun ini setiap kelurahan diberikan Rp15 juta untuk festival budaya yang meriah, kalau kedepan postur anggaran kita cukup kita akan tambahkan sambil sama-sama dengan pemerintah menyampaikan manfaat dari kegiatan ini, nanti bersama-sama kita tetapkan anggarannya,” pungkasnya.♦gor

Baca juga:Anggota DPRD Kota Kupang Minta Fahrensy Funay Segera Tata Birokrasi Pemkot