Kaum Bapak Talitakumi Pasir Panjang Kota Kupang Kembali Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah di GMIT Jemaat Talitakumi Pasir Panjang, Jumat, 3 November 2023 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Kaum Bapa Jemaat Gereja Injili Masehi di Timor (GMIT) Talitakumi Pasir Panjang, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar donor darah pemeriksaan kesehatan gratis untuk jemaat dan masyarakat umum, Jumat, 3 November 2023.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Jemaat GMIT Talitakumi Pasir Panjang dan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Dinas Kesehatan Kota Kupang melalui Puskesmas Pasir Panjang.

Ketua Kaum Bapak Jemaat GMIT Talitakumi, Adrianus Tali, mengatakan, donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah dilaksanakan Jemaat Talitakumi Pasir Panjang selama tujuh tahun terakhir.

Baca juga: Bolehkah Menyembuhkan Orang Pada Hari Sabat atau Tidak?

Kegiatan tersebut, lanjut Adi, sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada jemaat dan masyarakat umum selain pelayanan keagamaan.

“Ini bukan cuma untuk jemaat Talitkumi tapi untuk seluruh masyarakat yang ada,” tambah Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Raykat Daerah (DPRD) Kota Kupang itu.

Dirinya berharap dengan kegiatan donor darah yang diselenggarakan bisa membantu dan berkontribusi kepada PMI dan masyarakat yang membutuhkan donor darah.

Baca juga: OJK NTT Sudah Kantongi Data Kredit Fiktif Bank NTT Termasuk Kredit Fiktif Rp 100 M, Mantan Dirut Bank NTT Izhak Rihi Dipriksa OJK

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Kupang itu menyebut tahun ini donor darah yang diselenggarakan Kaum Bapa Jemaat Talitakumi Pasir Panjang menargetkan 50 hingga 70 kantong darah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan donor darah yang digelar di Gereja Jemaat Talitakumi Pasir Panjang bisa menginspirasi gereja lain juga untuk juga menggelar kegiatan serupa.

Baca juga: Bali Tantang NTT di Grup H Pra PON Futsal Putra, Ini Jadwal Pertandingannya

“Seperti yang kita tahu PMI dan di rumah sakit-rumah sakit sering mengalami kekurangan kantong darah bagi masyarakat. Ini kan harus ada kehadiran gereja karena gereja bagian dari masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Jemaat Talitakumi Pasir Panjang, Pdt Sally Bulan, mengatakan kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis sesuai dengan visi misi Jemaat Talitakumi Pasir Panjang.

“Visi misi dari Talitakumi adalah menjadi shallom (damai) Allah di tengah dunia, damai sejahtera itu dimulai dari kesehatan, baik kesehatan secara fisik maupun mental,” ungkapnya.

Baca juga: Aliansi Peduli Kemanusiaan Kembali Gelar Aksi Damai Jilid 5, “Semua Keberatan Pemohon Terbantahkan”

Dirinya menyebut kegiatan yang dilakukan kaum bapa sangat baik karena mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ini juga bagian dari gereja mendukung semangat berbagi dengan sesama, bukan berbagi materi namun berbagi darah yang merupakan bagian penting bagi kehidupan,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: SMA Seminari St Rafael Oepoi Raih Juara 1 dan 2 Lomba Cipta dan Baca Puisi yang Digelar UNWIRA Kupang