Pemuda di Kupang Bertekad Majukan Pendidikan NTT Usai Ikut Pelatihan Ganjar Milenial

EXPONTT.COM, KUPANG – Farqih Pradana, seorang anak muda asal Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan keinginannya untuk menjadi guru usai mengikuti pelatihan micro teaching yang diselenggarakan sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) di Teras Boejangan, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, NTT, Rabu, 22 November 2023.

Dirinya secara terbuka menyatakan ingin memajukan pendidikan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

“Saya terpinspirasi memajukan pendidikan di wilayah daerah 3T yang banyak sekali masyarakat, dalam hal pendidikan itu sangat kurang,” ungkapnya.

Baca juga: Pilwalkot Kupang 2024: DPD Partai Hanura NTT Dukung Pasangan Jonas Salean – Alo Sukardan 

Farqih menyebut Indonesia memerlukan tenaga pendidik yang berkualitas, berwawasan luas, serta dapat memberikan bekal akhlak dan karakter.

Sebab itu, Farqih bertekad berkontribusi dengan menjadi guru yang andal dan terampil. “Seorang guru yang bukan hanya memberikan knowlage, tapi juga sebagai pendidik untuk membentuk karakter anak-anak didik,” tegasnya.

Dalam pelatihannya, Ganjar Milenial Center (GMC) berkolaborasi dengan praktisi tenaga pendidik.

Baca juga: DPP Golkar Resmi Tugaskan Jonas Salean Maju Pilwalkot dan Laksanakan Panca Sukses

Para anak muda NTT diajarkan sejumlah keterampilan dasar mengajar. Mulai dari membuka dan menutup pembelajaran, membuat variasi pembelajaran, menjelaskan materi, hingga membimbing kelompok diskusi.

Selain itu, mereka juga dibekali kemampuan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberikan penguatan, motivasi, hingga mengelola kelas dalam kegiatan belajar mengajar.

Nasrin Umar selaku Koordinator Wilayah (Korwil) GMC NTT menjelaskan, pelatihan dengan tema ‘Terbentuknya Tenaga Pendidik Yang Andal dan Terampil’ itu digelar untuk meningkatkan keterampilan anak muda yang berminat menjadi seorang guru di masa depan.

Menurut Nasrin, guru merupakan profesi mulia karena menjadi tonggak kelahiran generasi yang cerdas dan berakhlak. Oleh karenanya penting bagi anak muda untuk bergerak mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan.

Baca juga:Bank NTT Saat Ini Terpapar Risiko Hukum,Resiko Strategi Dan Yang Berhak Naik Banding Adalah RUPS-LB

“Jadi harapan kita dari Ganjar Milenial Center Provinsi Nusa Tenggara Timur bisa membekali teman-teman generasi muda untuk bisa menjadi pendidik yang baik,” kata Nasrin.

Melalui kegiatan ini Nasrin berharap anak muda di NTT dapat menebar kebermanfaatan di sektor pendidikan. Nasrin juga berharap mereka dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah diberikan ketika menjadi seorang tenaga pendidik kelak.

“Generasi pemuda sangat penting untuk dibekali ilmu-ilmu menjadi guru yang baik dan benar untuk menciptakan generasi unggul, generasi emas bangsa,” pungkasnya.(*)

Baca juga:Dinkes Kota Kupang Minta Masyarakat Tak Perlu Takut Nyamuk Wolbachia