Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang Gelar Penerimaan Anggota Baru dan Muskomcab

Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang Theodora Ewalde Taek saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Mapenta, KKD, dan Muskomcab Pemuda Katolik, Jumat 1 Desember 2023 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar tiga agenda acara sekaligus dalam rangka keberlanjutan tongkat estafet eksistensi organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Katolik.

Tiga agenda acara itu, diantaranya, Masa Penerimaan Anggota (Mapenta), Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) dan Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Kota Kupang untuk pemilihan ketua dan pengurus yang baru periode 2023–2026.

Rangakaian kegiatan digelar selama tiga hari, dari tanggal 1 hingga 3 Desember 2023 di Aula Biara Frateran Bunda Hati Kudus.

Baca juga: Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Kupang Deklarasi Pemilu Damai 2024

Ketua Komcab Pemuda Katolik Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek, dalam sambutannya mengatakan, Pemuda Katolik merupakan salah satu unsur pembangunan daerah, untuk itu pembangunan soliditas di dalam Pemuda Katolik menjadi hal yang paling utama di Pemuda Katolik di zaman digital saat ini.

Dirinya mengakui keaktifan pemuda Katolik saat ini tergerus karena era digitalisasi. “Karena itu soliditas harus kita bangun lebih dahulu, kalau tidak kedepan kita semakin susah membangun kebersamaan,” ungkapnya.

Walde menyebut Pemuda Katolik telah hadir di tengah masyarakat Kota Kupang di setiap kegiatan sosial yang memang merupakan salah satu tanggung jawab Pemuda Katolik. “Dan itu kami baktikan selama tiga tahun,” tambahnya.

Baca juga: Langit Dan Bumi Akan Berlalu, Tetapi Sabda Ku, Takkan Berlalu

Dalam kesempatan itu Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang ini juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang setiap tahun memberikan dukungan kepada Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang.

“Kami ucapkan terima kasih karena aspirasi para pemuda di dengarkan dan tidak dilupakan,” kata Ketua DPC PKB Kota Kupang ini.

Dengan tema “Mewujudkan Organisasi Kader yang Mampu Berkolaborasi dengan Semangat Kebangsaan”, Walde menegaskan, Pemuda Katolik kedepan akan menjadi organisasi yag mandiri.

Baca juga: Bukan Jefri Riwu Kore, Perindo Sepakat Adolf Hun Maju Pilwalkot Kupang 2024

“Sehingga dalam KKD kita undang beberapa pengusaha untuk hadir memberikan testimoni bagaimana mereka meraih kesuksesan di era digital,” jelasnya.

Theodora Ewalde Taek akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua Pemuda Kota Kupang di bulan Desember ini.

Dirinya telah menjadi ketua selama periode 2020-2023 dan akan digantikan melalui Muskomcab Pemuda Kota Kupang tahun 2023.

Baca juga: Presiden Jokowi Senang Program Korpri Berdampak Positif ke Masyarakat

Untuk itu dirinya beharap pemilihan Ketua Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang bisa dilaksanakan dengan baik. “Agar api yang sudah kita nyalakan tidak padam. Kami yakin banyak yang punya semangat yang sama.
Bagaimana kita berkolaborasi dengan pemerintah dan gereja,”

Walde juga berharap semboyan “Pro Ecclesia et Patria, Pro Bono Publico” atau Demi Gereja dan Bangsa bukan hanya sebagai kalimat yang diucapkan dari mulut dan tulisan harus bisa direalisasikan dalam kehidupan organisasi.

Sementara itu, Sekretaris Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik Nusa Tenggara Timur (NTT) Yuvensius Tukung, mengatakan kepada calon anggota Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang untuk menghargai proses dalam berorganisasi.

Baca juga: Rekomendasi Audit Komprehensif oleh RUPS Bank NTT Berpotensi Tersesat di Jalan yang Benar

Dirinya menegaskan keberlangsungan Pemuda Katolik tidak bergantung pada pemimpinnya namun berada di tangan semua kader Pemuda Katolik.

“Teman-teman yang saat ini sedang mengkreditkan tanggung jawabnya untuk tahun-tahun kedepan,” katanya.

Untuk itu dirinya berharap Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang bisa menjadi representasi Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) NTT.

Baca juga: Imbas Deviden ke Pemkot Turun, DPRD Kota Kupang akan Panggil Bank NTT

“Kalau cahaya lilin padam disini nggak ada cahayanya sampai ke kabupaten-kabupaten di seluruh NTT,” unkap Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang ini.

Dalam kesempatnnya, Kepala Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa, yang mewakili Penjabat Wali Kota Kupang membuka secara resmi tiga rangkaian kegiatan Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang, membacakan sambutan Penjabat Wali Kota Kupang Fahrensy Funay.

Dalam sambutannya, Fahrensy Funay berharap rangkaian kegiatan Mapenta, KKD dan Muskomcab Pemuda Katolik Kota Kupang dapat merumuskan program kerja yang berdampak pada pelayanan yang tersinkronisasi dengan program-program pemerintah Kota Kupang.

Baca juga: Para Pemegang Saham Bank NTT terpecah di soal banding Perkara Izhak melawan Gubernur NTT dan kawan-kawan

“Rangkaian kegiatan ini bukan hanya dimaknai sebagai kegiatan simbolis namun dapat memotivasi pemuda Katolik untuk berkarya tanpa henti demi memajukan gereja dan negara,” kata Fahren dalam sambutannya.

Diketahui sebanyak 57 orang mendaftar untuk bergabung sebagai anggota Pemuda Katolik Komcab Kota Kupang.

Para peserta mendapatkan berbagai materi dalam Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) sebagai salah satu tahapan sebelum dilantik sebagai anggota.♦gor

Baca juga: Pemkot Kupang Bentuk Satgas, ASN Tidak Netral di Pemilu 2024 Disanksi Pemecatan