Realisasi 100 Persen, 570 Lampu Jalan Terpasang di Kota Kupang Selama 2023

Salah satu gang pemukiman warga di Kelurahan Kolhua telah terpasang lampu jalan / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Total sebanyak 570 titik lampu yang direncanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tahun anggaran 2023 telah terealisasi 100 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Tahun Anggaran 2023, Yohanes Puu, menyebut, dari total 570 titik lampu yang telah terpasang, didominasi pemasangan di kawasan pemikiman padat penduduk di Kota Kupang.

“Pemasangannya tersebar di seluruh Kota, tapi untuk tahun anggaran 2023 sesuai dengan permintaan masyarakat dan prioritas dari Dinas PUPR dipasang di dalam gang-gang pemukiman penduduk, dari Fatukoa, Sikumana, Kolhua, hampir semua kelurahan dapat (pemasangan lampu jalan),” jelasnya saat diwawancarai, Kamis, 7 Desember 2023.

Baca juga: Kapolda NTT Dimutasi, Ini Pengganti Johni Asadoma

Pria yang akrab disapa Jek itu merincikan, dari 570 tiang lampu yang terpasang, sebanyak 250 tiang lampu berukuran 5 meter terpasang di dalam gang-gang pemukiman warga, sedangkan 220 tiang lampu berukuran 7 meter dan 100 tiang berukuran 9 meter terpasang di jalan umum dan jalan protokol. “Semua sudah terpasang, sudah uji coba selesai,” tambahnya.

Diketahui, total anggaran yang dihabis Pemerintah Kota Kupang untuk pengadaan dan pemasangan 570 tiang dan lampu jalan tahun 2023 di tahun 2023 sebesar Rp 8,1 miliar lebih.

Dengan rincian, Rp 4,5 miliar lebih untuk pengadaan tiang dan Rp 3,6 miliar lebih untuk pengadaan lampu jalan dan dikerjakan oleh pihak ketiga.

Baca juga: Presiden Jokowi Bagi-Bagi Sepeda di SMK Negeri 5 Kupang

“Untuk pengadaan lampu di tahun 2023 sebanyak 1.035 unit lampu, dengan perencanaan pemasangan 570 titik yang realisasinya sudah 100 persen, sedangkan sisanya untuk stok,” jelasnya.

Dengan stok yang ada, lanjut Jek, masyarakat yang menemukan lampu jalan di lingkungannya mati atau rusak bisa langsung melaporkan kondisi tersebut ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lampu Jalan Dinas PUPR Kota Kupang untuk segera langsung diganti.

Lebih lanjut, Jek mengungkapkan, sesuai dengan arahan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Kupang di tahun 2024 Dinas PUPR juga akan memprioritaskan pemasangan lampu jalan di gang-gang pemukiman penduduk yang hingga kini masih banyak permintaannya oleh masyarakat.♦gor

Baca juga: Resmikan Katedral Kupang, Presiden Jokowi: Jangan Hanya Jadi Tempat Ibadah