Koepan Festival 2024, Penjabat Wali Kota Kupang: Tumbuhkan Cinta Terhadap Budaya

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay saat membuka secara resmi Koepan Festival / foto: Gorny Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay resmi membuka Koepan Festival 2024 yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Kupang, di Alun-Alun Kota Kupang, Senin, 22 April 2024.

Festival yang digelar selama dua hari berturut 22-23 April 2024 ini dihelat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Kupang yang ke-138 dan hari jadi ke-28 tahun Kota Kupang sebagai daerah otonom yang akan jatuh pada 25 April 2024 mendatang.

Dengan mengusung tema “Local Culture is Tourism Future”, acara pembukaan Koepan Festival 2024 diramaikan berbagai penampilan seni dan budaya NTT, mulai dari live musik hingga penampilan tarian daerah NTT dan lantunan musik sasando yang dimainkan oleh Glanina Meok.

Baca juga: Pemkot Kupang Kembali Gelar Lomba Paduan Suara Tingkat SD dan SMP 2024, Diikuti 168 Sekolah

Dalam sambutannya, Penjabata Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay mengapresiasi gelaran Koepan Festival yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Kupang.

Dirinya menyebut, Koepan Festival merupakan cerminan Kota Kupang yang multikultiral.

“Kota Kupang menjadi rumah bagi 465.637 jiwa yang berasal dari berbagai etnis, Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores dan etnis dari berbagai penjuru Nusantara dan itu menjadi kekuatan tersendiri bagi sektor pariwisata,” ungkapnya.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Roy Bolle: Aliansi Peduli Kemanusiaan Sebut Jaksa Seperti Mafia

Dirinya berharap Koepan Festival bisa menjadi sarana untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya yang ada di Kota Kupang sekaligus memberikan edukasi budaya daerah NTT yang ada di Kota Kupang bagi masyarakat khususnya anak muda dan kaum milenial. “Agar bisa lebih mengenal adat serta budaya daerah NTT,” tambahnya.

Fahrensy Funay juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung hingga gelaran Koepan Festival bisa terwujud.

Dalam kegiatannya, selain berbagai penampilan seni dan budaya, warga Kota Kupang juga dapat menyaksikan lomba tarian kreasi yang diikuti oleh sanggar-sanggar dan instansi dari kabupaten-kabupaten di NTT.

Koepan Festival akan ditutup pada Selasa 23 April 2024 dengan diisi berbagai penampilan, diantaranya, lomba hari kedua tari kreasi, fashion show, Tarian Gawi yang akan diperagakan oleh IKKEF, Tarian Barong dan juga pengumuman juara tari kreasi.♦gor

Baca juga: 20 Siswa di Maumere Tak Boleh Ujian Karena Tunggak Uang Komite, Ombudsman NTT: Sekolah Jangan Gunakan Logika Bisnis