Terbengkalai Setahun, Mobil Penyapu Jalan Milik Pemkot Kupang Akan Beroperasi Kembali

Salah satu mobil penyapu jalan milik Pemkot Kupang terparkir di halaman belakang Kantor Wali Kota Kupang / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Setelah kurang lebih setahun terbengkalai, tiga mobil penyapu jalan milik Pemerintah Kota Kupang yang ada sejak tahun 2019 akan kembali beroperasi.

Pelakasana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang, Max Mahuri saat diwawancarai, Kamis, 25 April 2024, mengatakan, sikat penyapu yang ada di mobil tersebut sudah waktunya diganti karena keausan.

“Sudah diganti, tinggal digitalnya saja yang belum pas. Kita sudah komunikasi dengan pihak distributor,” jelasnya.

Baca juga: Lurah dan Camat Se-Kota Kupang Dapat Kendaraan Dinas Baru, Habiskan Anggaran Rp.3,4 Miliar

Dana perbaikan, lanjut Max, telah dianggarakan sejak tahun 2023 lalu sebesar Rp.100 juta. “Memang tingkat kerusakan berbeda-beda, tapi sudah dianggarkan Rp.100 juta untuk tiga unit mobil penyapu jalan,” pungkasnya.

Diketahui, tiga mobil penyapu jalan milik Pemkot Kupang dibeli sejak 2019 lalu dengan anggaran sebesar Rp.4,3 miliar. Mobil penyapu jalan tersebut dibeli untuk mengatasi masalah kebersihan di jalan-jalan protokol Kota Kupang.

Masing-masing mobil penyapu jalan memiliki daya tampung sampah sebanyak tiga hingga enam ton dan dibekali dengan beberapa alat seperti mesin sapu, alat penyemprot serta penyedot sampah dan air yang mampu dilakukan sekaligus dalam satu kali pengoperasian.♦gor

Baca juga: Pedagang Pasar di Kota Kupang Protes Kenaikan Retribusi, Ini Penjelasan Perumda Pasar